Mother&Baby Indonesia
Kandungan ASI Sesuai Jenis Kelamin

Kandungan ASI Sesuai Jenis Kelamin

Tahukah Anda bahwa kandungan ASI yang diproduksi ibu menyusui akan berbeda tergantung dari jenis kelamin bayi? “Ibu memproduksi resep ASI yang berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan," ungkap Katie Hinde, ahli biologi dari Harvard University, Massachusetts, AS.

 

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa komposisi ASI bervariasi menurut jenis kelamin, yaitu bayi laki-laki perlu susu kaya lemak dan protein, sedangkan perempuan memerlukan jumlah kalsium yang lebih besar. Penelitian ini mendapatkan hasil yang sama antara manusia, primata, dan mamalia lainnya.



 

Mengapa perbedaan komposisi dan kuantitas ini bisa terjadi? Ada banyak teori mengenai hal tersebut. Pada primata misalnya, air susu untuk bayi betina lebih kaya kalsium untuk mempercepat perkembangan tubuh dan kesiapan bereproduksi. Sedangkan bayi primata jantan tidak diharuskan untuk mencapai kematangan seksual yang cepat dan mereka lebih banyak bermain dan beraktivitas, sehingga membutuhkan air susu yang lebih kaya energi.



 

Sedangkan pada manusia, Hinde mengungkapkan, belum diketahui mengapa terjadi perbedaan produksi ASI ini. Namun yang pasti, hal ini menegaskan bagaimana susu formula tidak dapat menggantikan ASI. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: asi,   bayi,   ibu menyusui,   jenis kelamin bayi










Cover April 2020