Mother&Baby Indonesia
Makanan Yang Membuat Awet Kenyang Saat Puasa

Makanan Yang Membuat Awet Kenyang Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa, selain godaan rasa haus yang ada di tenggorokan, juga munculnya rasa lapar yang menjadi tantangan lumayan berat. Namun, hal ini ternyata bisa diatasi, menjaga supaya Anda tetap merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama, yakni dengan mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

 

Ikan. Ikan mengandung lemak baik yang mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa orang yang makan ikan akan lebih cepat kenyang dibandingkan dengan orang yang makan daging merah.



 

Telur. Penelitian yang dilakukan oleh Pennington Biomedical Research Center, AS, membuktikan bahwa telur dapat menurunkan hormon nafsu makan serta meningkatkan hormon pembuat kenyang. Anda bisa membuat kreasi masakan dari telur untuk hidangan sahur keluarga, Moms.

 

Sayuran hijau. Kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan serat pada sayuran hijau membuat bahan makanan ini memerlukan waktu cukup lama untuk dicerna tubuh. Karena itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama jika memakan banyak sayuran. Moms bisa mengolah berbagai macam sayuran hijau menjadi hidangan berupa tumisan, sup, atau bahkan lalapan.

 

Kacang-kacangan. Shelley McGuire, PhD, juru bicara American Society for Nutrition, mengatakan bahwa kacang-kacangan seperti kacang merah, buncis, kacang kedelai, hingga kacang panjang kaya akan protein, lemak tak jenuh, dan karbohidrat kompleks, yang butuh waktu lebih lama untuk dicerna tubuh.



 

Avokad. Buah ini kaya akan serat dan lemak tak jenuh. Oleh karena itu, lambung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencernanya. Avokad bisa dinikmati langsung atau dibuat jus agar lebih nikmat saat dikonsumsi.

 

Apel. Buah yang banyak terdapat di berbagai supermarket dan toko buah ini mengandung pectin, yaitu zat yang memperlambat pencernaan secara alami. Apel mengandung banyak air dan serat sehingga turut menjamin perut Anda kenyang. Sajikan sebagai penutup hidangan sahur, Moms.

 

Nah, selamat menjalankan ibadah puasa dan tetap merasa kenyang hingga azan Magrib berkumandang nanti, Moms! (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   nutrisi,   puasa








Related Article