Mother&Baby Indonesia
Jaga Gizi dan Hindari Dehidrasi di Hari Lebaran

Jaga Gizi dan Hindari Dehidrasi di Hari Lebaran

Saat hari Raya Idul Fitri tiba, Moms dan Dads akan menjumpai banyak makanan enak, baik di rumah sendiri ataupun di rumah sanak keluarga yang dikunjungi saat Anda sekeluarga datang bersilaturahmi. Sebut saja hidangan seperti opor ayam, rendang daging, sambal goreng ati, dan berbagai lauk dan sayur lainnya. Belum lagi ada bermacam jenis kue-kue lebaran, kebanyakan rasanya manis, tapi tak jarang juga ada yang rasanya gurih dan asin.

 

Semua hidangan lebaran tersebut tentunya akan menggugah selera Anda untuk mencoba mencicipi semuanya, satu per satu, tak terkecuali. Apalagi jika ada yang rasanya enak dan lezat, Anda mungkin saja tak akan ragu untuk menambah untuk mencicipinya kembali. Namun, Moms dan Dads perlu perhatikan bahwa hidangan lebaran umumnya mengandung banyak lemak, gula, dan garam, yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sementara di Hari Raya Idul Fitri ini tubuh Anda sedang menyesuaikan diri dengan pola makan semula, setelah sebulan terbiasa dengan pola puasa.



 

Nah, agar tubuh tidak kaget dan kesehatan tubuh tetap terjaga, Moms dan Dads sebaiknya makan secukupnya saja, dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah dan sayur. Kemudian, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri melakukan olahraga ringan. Yang juga penting, minumlah air sebanyak 8 gelas sehari agar tubuh tetap fit. Minum air sebanyak itu perlu untuk menjaga tubuh kita terhindar dari dehidrasi. Untuk mengetahui tubuh mengalami dehidrasi atau tidak, lakukan cek urine. Semakin pekat cairan urine, berarti tubuh mengalami dehidrasi.



 

Jadi jaga kesehatan Anda di hari suci ini dengan tidak makan berlebihan serta cukup minum air putih ya, Moms dan Dads. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   lebaran,   idul fitri,   makanan lebaran








Cover Januari - Februari 2020