Home - Kesehatan - Kesehatan / 14 Juni 2018 / Redaksi

Penyakit Berbahaya yang Bisa Muncul Pasca Lebaran

Saat hari raya lebaran, tentunya banyak makanan lezat tersaji dan siap disantap bersama keluarga, mulai dari yang bersantan, berlemak, hingga menu yang serba manis. Rasanya yang mampu menggugah selera makan pun akhirnya membuat Moms menikmati semua tanpa batas.

 

Hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan, apalagi jika tidak dikontrol dengan baik. Setelah lebaran pun, akan muncul berbagai penyakit berikut ini sehingga perlu Anda waspadai:

 

Diare

Ini adalah penyakit yang paling sering dijumpai saat dan pasca lebaran. Tanpa mengontrol asupan yang Anda makan, maka bakteri atau parasit pun dapat masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan pencernaan ini.

Gejalanya ditandai dengan mengalami kram perut dan sering BAB. Sebelum menjadi lebih parah, Moms harus lebih banyak minum dan jika perlu konsumsi oralit untuk menghentikannya.

 

Sembelit

Masalah pencernaan lainnya adalah sembelit atau Anda sulit untuk BAB. Penyebabnya tentu karena Anda jadi jarang mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah saat hari raya. Maka, sangat disarankan untuk tetap memenuhi asupan nutrisi di samping menikmati menu lezat saat lebaran.

 

Maag

Masalah asam lambung yang meningkat atau maag menjadi salah satu yang sering kambuh. Ini disebabkan perubahan pola makan, dari perut yang kosong saat berpuasa selama 12 jam menjadi makan banyak saat lebaran.

Selain itu, menu yang dikonsumsi adalah makanan pedas dan berminyak sehingga menyebakan munculnya penyakit lambung ini. Tentu, Moms sangat perlu memerhatikan hal ini agar maag tidak sering kambuh, ya.

 

Kolesterol tinggi

Kolesterol jahat dalam darah bisa meningkat karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak. Akibatnya, kolesterol ini akan mengendap di dinding arteri dan dapat menghambar aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Jika ini terjadi, maka dapat meningkatkan risiko penyempitan arteri, stroke, hingga serangan jantung.

 

Hipertensi

Selain kadar kolesterol meningkat, mengonsumsi makanan seperti sate, rendang dan gulai dapat memicu darah tinggi atau hipertensi. Sebab, makanan tersebut memiliki kadar lemak dan garam yang tinggi. Maka, perlu diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur yang berserat.

 

Gula darah meningkat

Tak hanya memicu darah tinggi, kadar gula darah juga bisa bertambah jika Anda terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis selama lebaran. Ini akan menyebabkan timbulnya penyakit kencing manis atau yang dikenal dengan diabetes tipe 2. Gejalanya sendiri adalah nafsu makan meningkat, mudah lelah, sering haus, sering buang air kecil, dan berat badan berkurang.

 

Moms tentu boleh menikmati sajian nikmat saat lebaran, namun jangan lupa untuk mengontrol kesehatan juga, ya! (Vonia Lucky/SW/Dok.Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Mudik Nyaman ala Hansaplast Koyo

Cegah Anak Sakit Saat Mudik

Lakukan ini Setelah Berolahraga



OTHER ARTICLES

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan