Mother&Baby Indonesia
Lakukan ini Setelah Berolahraga

Lakukan ini Setelah Berolahraga

Tujuan berolahraga adalah untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan ideal. Nah, agar manfaat ini bisa dicapai dengan baik, kebiasaan setelah berolahraga juga perlu diperhatikan. Merawat tubuh setelah olahraga akan berdampak baik untuk otot dan jantung. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya dilakukan setelah berolahraga.

 

1. Melakukan peregangan



Hal ini membantu otot menjadi hangat, lebih elastis, fleksibel, dan memaksimalkan jangkauan gerak di sekitar sendi. Peregangan dilakukan di semua kelompok otot utama yang digunakan selama berolahraga.

 

2. Istirahat atau melakukan pendinginan

Beristirahat dan menunggu setelah olahraga memungkinkan proses perbaikan dan pemulihan terjadi.

 

3. Mandi



Setelah istirahat beberapa saat, mandilah dengan air hangat selama 3-4 menit lalu dibilas dengan air dingin selama 1 menit. Air hangat akan memperlebar pembuluh darah, sedangkan air dingin membuatnya berkontraksi atau mengecil kembali. Kondisi ini akan mempercepat aliran darah.

 

4. Makan

Idealnya, makanlah 60 menit setelah olahraga. Pilihlah makanan yang memiliki protein tinggi dan karbohidrat kompleks.

 

5. Mengganti cairan

Minum air selama olahraga sama pentingnya dengan menjaga tetap terhidrasi setelah olahraga. Para ahli biasanya menyarankan minum 2-3 gelas dalam waktu 2 jam setelah olahraga kemudian minum secara teratur untuk mencegah dehidrasi (M&B/SW/ Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   olahraga,   setelah olahraga








Cover Maret 2020