Mother&Baby Indonesia
Olahraga Untuk Tulang Sehat

Olahraga Untuk Tulang Sehat

Tulang yang menyangga tubuh memiliki usia kepadatan. Rata-rata usia optimal kepadatan tulang adalah 20 hingga 30 tahun. Melewati usia tersebut, kepadatan tulang akan semakin menurun, yang biasanya disebut osteoporosis. Selain karena faktor usia, penurunan kepadatan tulang juga dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, serta kurang berolahraga. Agar tulang tidak muda keropos, selain menerapkan pola hidup yang sehat, berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan.

 

1. Latihan beban



Selain membesarkan massa otot tubuh, berlatih beban juga bagus untuk menjaga kepadatan tulang. Coba mulai lakukan latihan beban 2-3 kali dalam seminggu.

 

2. Latihan kardio



Latihan kardio mampu memberikan tekanan pada tulang yang akan mendorong pembentukan kepadatan tulang. Tak punya waktu untuk jogging atau skipping?Naik turun tangga saat di kantor juga bisa Anda lakukan.

 

3. Yoga atau pilates

Yoga dan pilates merupakan jenis latihan kelenturan tubuh. Ketika fleksibilitas tubuh semakin baik, maka kondisi tulang akan semakin baik pula. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: olahraga,   tulang sehat