Home - Keluarga - Informasi Untuk Ayah / 29 Juni 2018 / Redaksi

Makanan Sehat untuk Sperma

Jika Anda sedang berusaha memiliki momongan, tingkatkan kualitas sperma Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat berkut ini yang mengandung zat gizi untuk meningkatkan kesuburan Anda.

 

- Daging, telur, dan tahu yang mengandung protein. Ini bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sperma. Kekurangan protein bisa mengganggu proses pembentukan sperma.



 

- Ikan laut, misalnya kembung, tuna, salmon, dan tenggiri yang juga mengandung protein, berperan dalam pembentukan sperma baru dan membuat gerakan sperma lebih aktif.

 

- Tauge dan kacang-kacangan yang mengandung vitamin E, untuk meningkatkan kemampuan sperma membuahi sel telur dan berperan dalam pembentukan hormon testosteron.

 

- Jeruk, stroberi, apel, pepaya, kiwi, tomat dan buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C. Zai ini berfungsi untuk memperkuat sperma dan melindungi sel-sel oragan tubuh dari radikal bebas yang bisa memengaruhi kesehatan sistem reproduksi.

 



- Susu serta makanan lain yang mengandung keju dan mentega yang memiliki kandungan vitamin D, berperan dalam proses metabolisme di kelenjar kelamin dan kelenjar prostat. Bagi calon ayah, vitamin D dapat meningkatkan gerakan sperma serta meningkatkan produksi sperma.

 

- Kacang hijau, kuning telur, brokoli, seafood, bawang putih, ikan tuna, dan susu yang mengandung selenium. Zat ini berperan penting dalam produksi sperma yang sehat dan membantu sperma menembus lapisan luar sel telur. Setengah dari kadar selenium dalam tubuh pria ditemukan dalam cairan sperma.

 

- Kerang, daging, telur, dan biji-bijian yang mengandung zinc, diperlukan untuk proses pembentukan sperma yang sehat.

 

- Bayam, kiwi, mangga, tomat , biji bunga matahari, dan almond yang mengandung antioksidan mampu melawan dan mencegah radikal bebas yang merusak DNA pada sperma. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Berapa Usia Terbaik Untuk Menjadi Ayah? Ini Jawabannya!

7 Persiapan Kehamilan (untuk Calon Ayah)

Saat Pria Lebih Rutin Ejakulasi, Risiko Kanker Prostat Menurun

OTHER ARTICLES

MB Fair Surabaya 2019

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

5 ‘Keanehan’ pada Newborn yang Perlu Anda Ketahui

Emboli Air Ketuban bisa Ancam Nyawa Ibu Hamil dan Bayi

Kapan Saat Tepat Memberi Uang Jajan buat Anak?