Mother&Baby Indonesia
Dads, Ini Aktivitas Ajarkan Anak Mencintai Keluarga

Dads, Ini Aktivitas Ajarkan Anak Mencintai Keluarga

 

Orang yang paling dekat dan selalu bertemu dengan Si Kecil setiap hari adalah keluarga. Bagaimana cara agar merekalebih menghargai, mengenal, dan menyayangi anggota keluarga? Berikut aktivitas-aktivitas seru yang bisa Dads dan Si Kecil lakukan dengan menyenangkan.

 



Variety Show

Alat: Sisir, CD Player atau MP3, Alat tulis, Kertas.

Cara bermain: Minta Si Kecil untuk berdiri sambil memegang sisir sebagai pengganti mikrofon. Kemudian, minta ia bernyanyi sebuah lagu dan anggota keluarga lain menebak judul lagunya dengan menuliskan di kertas lalu acungkan kertas tersebut. Lakukan permainan ini secara bergantian. Pasang lagu setelah ada anggota keluarga yang berhasil menebak, lalu nyanyikan bersama dengan CD atau MP3 Player. Permainan ini tak hanya menciptakan kedekatan antar anggota keluarga, tapi juga melatih daya ingat anak-anak. Seru!

 

Memasak Bersama

Alat: Peralatan masak, Bahan-bahan masakan.

Aktivitas: Dads bisa meluangkan waktu di akhir pekan untuk melakukan aktivitas memasak bersama Si Kecil. Jangan lupa untuk menentukan menu yang akan dimasak dan menuliskan bahan yang diperlukan. Saat akan berbelanja, ajak Si Kecil ke pasar tradisional atau pasar swalayan. Anda juga bisa meminta ia untuk mengambil bahan yang sudah dituliskan. Lalu, bagilah tugas seperti menyiapkan bahan-bahan hingga menyiapkan meja makan. Sambil memasak, Anda dapat berbagi cerita satu sama lain. Jangan lupa foto-foto setelah hasil masakannya jadi, ya!

 

Work It Out

Aktivitas: Olahraga bersama setiap minggunya dapat menjalin kedekatan antar anggota keluarga. Pilihlah olahraga yang mengasyikkan dan bisa dilakukan bersama-sama dalam grup, seperti lari atau berenang. Lakukanlah olahraga ini secara rutin. Sambil berolahraga, Anda dapat mengajak Si Kecil mengobrol agar bonding lebih erat lagi. Yeiy!



 

Bermain Layangan

Alat: Benang, Tusuk Sate, Kertas khusus layangan, Gunting, Penggaris, Spidol, Selotip.

Aktivitas: Mengajak Si Kecil bermain layangan bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendekatkan pribadi Si Kecil dengan anggota keluarga lain. Agar lebih praktis, belilah layangan tradisional yang masih polos, lalu ajak Si Kecil menghiasnya.

Anda bisa bersenda gurau sambil menghias layangan hingga Anda akan lebih akrab dengan anak. Proses menerbangkan layangan tentu tidak mudah. Hal ini akan melatih kesabaran dan anak dapat mengenal karakter orangtuanya lebih dalam lagi.

 

Camping Bersama

Alat: Tenda kecil, Buku cerita/buku gambar/mainan (board games), Alat barbeque.

Aktivitas: Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga ke satu tempat wisata, lalu menyewa tenda dan bermalam di sana. Jika tidak memungkinkan, buatlah tenda di halaman rumah saja. Bahkan, Anda juga bisa membangun tenda kecil di ruang tamu.

Buatlah acara seru, seperti bermain kartu, monopoli, dan lainnya di tenda atau di luar tenda. Kemudian, ajak Si Kecil untuk menyiapkan barbeque dan membakar makanan bersama-sama. Sambil menyantap barbeque, Anda bisa berbagi cerita antar anggota keluarga. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   informasi untuk ayah,   aktivitas,   cinta keluarga