Mother&Baby Indonesia
Tips Supaya Rumah Aman Saat Mudik

Tips Supaya Rumah Aman Saat Mudik

Menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, mudik merupakan salah satu kegiatan wajib bagi keluarga di Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Anda dan keluarga pun juga mudik tahun ini. Maka, rumah Anda pun akan kosong dalam beberapa hari karena ditinggal seluruh penghuninya. Karena itu, penting bagi Moms dan Dads untuk memastikan agar rumah tetap aman dan tidak mengundang hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran atau rumah dimasuki pencuri.

 

Agar Anda bisa tetap tenang saat meninggalkan rumah dalam waktu lama saat mudik ke kampung halaman, berikut 5 hal yang perlu Anda lakukan:



 

Jangan perlihatkan rumah dalam keadaan kosong

Rumah yang terlihat kosong akan mengundang perhatian pencuri. Salah satu tanda dengan lampu yang menyala saat siang hari. Maka, Anda bisa menggunakan lampu yang bisa diatur waktu menyalanya. Jadi, di malam hari lampu menyala dan di siang hari lampu akan mati.

 

Laporkan kepada ketua RT, satpam, dan tetangga terdekat

Saat hendak berangkat, jangan lupa untuk melapor pada ketua RT, satpam, juga tetangga terdekat bahwa rumah Anda akan kosong dalam beberapa hari. Catat nomor ponsel satpam yang dapat dihubungi untuk mengecek keadaan rumah.

Beritahu petugas keamanan bahwa mereka tidak menerima tamu atau siapa pun selama mudik. Jadi, saat ada aktivitas mencurigakan di rumah Anda, mereka akan memberitahukannya langsung kepada Anda.

 



Pastikan listrik dan air mati

Sebelum meninggalkan rumah, jangan lupa untuk melepas regulator tabung gas. Karena meski tidak dipakai, gas akan tetap mengalir ke selang yang terpasang pada tabung.

Matikan juga semua aliran listrik yang tidak diperlukan seperti televisi, AC, kipas angin, komputer, dan lainnya yang dapat menimbulkan korsleting. Ini akan mengurangi risiko kebakaran. Pastikan juga untuk mengunci dan gembok segala akses masuk serta keluar rumah Anda seperti pintu, jendela, dan pagar.

 

Pasang CCTV

Anda juga bisa memasang Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa sudut rumah. Ini akan memudahkan dalam memantau rumah melalui smartphone saat Anda berada di kampung halaman.

 

Simpan barang berharga

Simpanlah berbagai barang berharga di tempat tersembunyi dalam rumah. Jika perlu, sediakan safe deposit box agar lebih aman dalam peletakan barang tersebut. Selamat menikmati mudik, Moms dan Dads! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   rumah aman,   mudik