Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 4 Cara Kenalkan Sains pada Anak

Moms, Ini 4 Cara Kenalkan Sains pada Anak

Apa yang ada di pikiran Anda mengenai sains? Kebanyakan pasti menjawab pelajaran yang sulit. Tetapi ternyata, dalam buku yang ditulis oleh Isaac Asimov, sains merupakan proses pengamatan, berpikir, dan merefleksikan suatu kejadian.

 

Sains sebenarnya adalah hal sederhana yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Karena itu, bukan hal yang sulit sebenarnya untuk mengenalkan sains kepada Si Kecil sejak dini. Bagaimana caranya?



 

1. Mengamati. Ajak Si Kecil untuk mengamati fenomena alam yang terjadi di sekelilingnya. Mulailah dari yang paling sederhana, misalnya mengamati embun di atas daun saat pagi hari.



2. Mengelompokkan. Minta anak untuk menggolongkan benda sesuai kategori. Misalnya kelompok bunga-bungaan, kelompok warna yang sama, dan sebagainya.

3. Memprediksi. Ini bisa dilakukan dengan mengetahui berapa lama es akan mencair, berapa lama lilin akan meleleh, berapa lama air yang panas akan menjadi dingin, dan seterusnya.

4. Menghitung. Dorong anak untuk menghitung benda-benda yang ada di sekitar, kemudian mengenalkan bentuk-bentuk benda. Misalnya, kenalkan beberapa bentuk daun yang berbeda jenisnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   sains










Cover April 2020