Mother&Baby Indonesia
Ini Akibatnya Ketika Anak Sering Dimanja

Ini Akibatnya Ketika Anak Sering Dimanja

Anak yang semua keinginannya dituruti orangtua, akan menjadi anak yang tidak tahu batasan. Ia tak bisa membedakan mana hak dan kewajiban. Ia pun sulit membedakan konsep milik pribadi dan orang lain. Istilah lain untuk anak-anak yang keinginannya selalu dipenuhi adalah terlalu dimanjakan. Ternyata, tidak selamanya menuruti kemauan Si Kecil berdampak positif lho, Moms. Berikut beberapa dampak yang akan terjadi jika Anda telalu memanjakan Si Kecil.

 

1. Kemampuan Adaptasi Rendah



Jika Anda terlalu memanjakan Si Kecil, batas frustrasi anak menjadi rendah. Ia cenderung mudah tantrum ketika sekali saja keinginannya tidak terpenuhi. Ia juga akan tumbuh menjadi anak yang tak pandai beradaptasi di berbagai lingkungan baru.

 

2. Lebih Kekanak-Kanakan

Jika Anda terbiasa memanjakan Si Kecil, pada pertumbuhannya kelak ia akan cenderung terlihat lebih kekanak-kanakan. Dampak lainnya juga adalah Si Kecil jadi tidak mudah mengambil sikap saat situasi tidak sesuai dengan keinginannya.



 

3. Tidak Terbentuk Kontrol Diri

Saat anak terbiasa dipenuhi segala keinginannya, kontrol dirinya tidak akan terbentuk dengan baik. Anak hilang kendali saat melakukan sesuatu. Jika tidak bersama orangtuanya, ia tidak memiliki kekuatan untuk mengontrol diri. Hasilnya, ia cenderung tidak patuh pada aturan sosial yang berlaku di lingkungannya.

 

Memenuhi keinginan Si Kecil untuk beberapa kali boleh saja, Moms. Tetapi jangan terlalu sering dan pastikan Anda tahu kondisinya. Jika Si Kecil melakukan sesuatu yang membuat Anda bangga, Anda boleh memenuhi salah satu keinginannya. (M&B/MA/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak dimanja,   balita,   tumbuh kembang










Cover Mei-Juni-Juli 2020