Mother&Baby Indonesia
3 Trik Tingkatkan Konsentrasi Anak

3 Trik Tingkatkan Konsentrasi Anak

Memasuki usia balita, banyak Moms yang sudah memasukkan Si Kecil ke taman kanak-kanak. Dan tak jarang, anak-anak memiliki segudang kegiatan. Ini bisa membuatnya cepat lelah dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasi hal ini, M&B punya 3 trik untuk meningkatkan konsentrasi Si Kecil dalam belajar.

 

1. Berikan waktu istirahat yang cukup



Ketika tubuh anak sudah lelah, sebaiknya jangan paksakan ia untuk terus belajar. Biarkan anak beristirahat dengan cukup, karena bila dipaksakan pun belajarnya akan menjadi kurang optimal.

 

2. Dahulukan selesaikan tugas

Agar anak mendapatkan konsentrasi yang penuh sewaktu belajar, sebaiknya dahulukan ia untuk menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. Jangan menyelingi waktu belajarnya dengan menyuruh anak mengerjakan pekerjaan rumah lain. Hal ini hanya akan membuat konsentrasi dan energinya menjadi terbagi.



 

3. Kendalikan waktu menonton televisi dan penggunaan gadget

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Hal inilah yang terjadi pada kebanyakan anak generasi saat ini, di mana mereka mulai kecanduan dengan gadget dan tontonan di televisi.

Ketika anak kecanduan dengan media ini, maka fokusnya akan banyak tersita. Untuk menumbuhkan kembali konsentrasinya saat belajar, maka atur waktu anak dengan TV dan gadget agar tidak terlalu intens.(M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   konsentrasi balita










Cover April 2020