Mother&Baby Indonesia
Manfaat Ajak Anak Berbelanja

Manfaat Ajak Anak Berbelanja

Usai perayaan lebaran, isi kulkas dan lemari dapur sudah kosong. Tukang sayur pun belum menampakkan tanda-tanda muncul kembali di kompleks rumah Anda. Sementara, asisten rumah tangga juga belum balik dari kampung halamannya. Kini saatnya Moms berbelanja kembali! Hanya saja, kali ini ajak juga Si Kecil bersama Anda, belanja ke supermarket atau pasar tradisional agar lebih seru. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh Si Kecil saat Anda mengajaknya berbelanja di supermarket atau pasar tradisional.

 

Sebelum berangkat, Moms bisa ajak si kecil untuk membuat daftar barang atau bahan yang harus dibeli. Tak sedikit anak yang mengingatkan orangtuanya ketika berada di supermarket atau pasar tradisional untuk membeli barang/produk yang harus dibeli.



 

Nah, pada saat belanja, berikan anak pengalaman memilih sayur dan buah. Ajarkan juga bagaimana cara berinteraksi dengan pedagang di pasar tradisional. Sesekali minta ia untuk menyapa penjual sendiri.

 

Ini manfaat mengajak Si Kecil ikut berbelanja bersama Anda:



- Mengenalkan anak dengan aneka sayur dan buah, beserta teksturnya.

- Mengasah kecerdasan interpersonal Si Kecil. Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan anak untuk bersosialisasi dan memahami orang lain. Dengan Moms ajak ia pergi berbelanja, Si Kecil akan berinteraksi dengan banyak orang yang sebagian besar mungkin baru ia kenal atau temui.

- Belajar berhitung dan proses jual beli

 

Meskipun begitu, Anda juga perlu tetap waspada, Moms. Awasi terus Si Kecil, jangan sampai ia terpisah dari Anda karena terlalu asyik sendiri. Sampai di rumah, ajak anak untuk mencuci bersih tangan dan tubuhnya usai berbelanja agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel di tubuhnya. Selamat berbelanja bersama balita, Moms! (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: balita,   belanja,   kecerdasan interpersonal