Mother&Baby Indonesia
Saat Balita Terima Salam Tempel

Saat Balita Terima Salam Tempel

Saat silaturahmi lebaran, Si Kecil mungkin akan sering berkata, baik dengan berbisik ataupun berteriak, bahwa ia mendapat uang dari seseorang. Angpau atau salam tempel merupakan tradisi yang hingga kini masih ada dan dipelihara. Biasanya, salam tempel dilakukan oleh sanak saudara yang lebih tua kepada yang lebih muda, dan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu karena hanya setahun sekali. Kesempatan ini bisa Moms jadikan untuk mengenalkan pada balita tentang konsep uang.

 

Sopan santun dan etiket



Biasanya, karena saking senangnya, anak kadang lupa mengucapkan terima kasih. Karena itu, pastikan Moms selalu memancingnya untuk mengucapkan terima kasih saat ia menerima angpau lebaran. Pastikan juga buah hati Anda tidak meminta salam tempel duluan sebelum dibagikan. Satu hal lagi yang perlu diingatkan kepada anak Anda, salam tempel juga tidak bisa diberikan setiap saat dan tidak semua sanak saudara memberikannya.

 

Uangnya buat apa?

Berikan pengertian kepada Si Kecil bahwa uang yang ia dapatkan dari hasil salam tempel dapat ia gunakan untuk keperluannya. Bagaimanapun juga uang tersebut merupakan haknya. Moms bisa tanyakan, uang tersebut untuk dibelikan barang, untuk jalan-jalan, atau untuk ditabung? Jika ia memilih untuk dibelikan barang, bantu ia untuk membuat daftar barang yang ia ingin beli. Pastikan ia memilih barang-barang yang memang penting untuk kebutuhannya sehari-hari, misalnya membeli tempat makan atau tas dibandingkan membeli mainan.

 

Uangnya disimpan ya?



Apabila si kecil belum mau menggunakan uangnya dalam waktu dekat ini, Moms bisa menyarankan supaya uang Si Kecil disimpan di celengan atau di bank. Jika ia ingin uangnya disimpan di celengan, Moms bisa siapkan celengan dan taruh uang tersebut di dalamnya. Jika ia ingin uangnya disimpan di bank, Moms bisa bukakan tabungan khusus anak dan masukkan uang Si Kecil ke tabungan tersebut. Ingatkan juga si kecil, setelah disimpan di celengan atau tabungan di bank, ia tidak bisa sembarangan mengambil uang tersebut.

 

Uang yang diterima beda jumlahnya

Buah hati Anda mungkin saja akan protes karena ia mendapatkan uang yang berbeda jumlahnya dari yang ia terima sebelumnya. Moms bisa jelaskan kepadanya bahwa besar atau kecilnya jumlah uang yang diberikan, ia tetap harus bersyukur, karena tidak semua anak bisa mendapatkan berkah tersebut. Ingatkan juga bahwa tidak semua orang atau sanak saudara mampu memberikan uang dalam jumlah yang sama.

 

Belajar berbagi

Mendapatkan berkah hari raya berupa angpau lebaran bisa jadi salah satu cara mengajarkan anak untuk menabung, juga untuk dapat berbagi dengan sesama. Seberapa banyak uang yang diberikan, ajarkan ia untuk menyisihkan sedikit guna beramal. Anda dapat mengajak si kecil mengisi kotak amal yang berada di masjid atau menyumbangkan di panti asuhan. Hal ini jika dilakukan sejak kecil, akan menumbuhkan empati dan kepedulian sosial anak. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: anak,   lebaran,   uang lebaran








Cover Januari - Februari 2020