Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Caranya Ajari Anak Kelola Uang Lebaran

Moms, Ini Caranya Ajari Anak Kelola Uang Lebaran

Sebagai salah satu tradisi, anak-anak akan mendapatkan ‘salam tempel’ berupa sejumlah uang saat berlebaran dari para kerabat. Dan jika Anda memiliki anggota keluarga yang banyak, jangan heran ketika Si Kecil akan menerima uang dengan jumlah cukup banyak. Di sinilah peran Moms untuk mengajarkan Si Kecil cara mengelola uang yang ia dapat agar tidak langsung habis. Berikut 3 caranya:

 

1. Satu mainan saja!



Namanya juga anak-anak, Si Kecil pun pasti ingin membeli sesuatu dari isi ‘amplop’ yang didapatnya. Moms bisa memberikan izin kepadanya untuk membeli barang yang ia inginkan, seperti mainan. Namun, pastikan hanya satu barang saja yang ia bisa miliki, dan sisanya harus ditabung.

 

2. Tabung ya, Nak.



Tentang menabung ini biasanya yang paling sulit diajarkan. Pasalnya, Si Kecil belum paham betul alasan uang harus ditabung dan bersikeras untuk menghabiskannya. Maka Moms perlu menjelaskan manfaat menabung dan keuntungan yang bisa didapat jika melakukannya secara sederhana.

 

3. Jangan Lupa Berbagi

Selain membeli barang atau jalan-jalan, Moms juga bisa mengajarkan Si Kecil berbagi, lho! Ajak ia untuk menyisihkan sedikit uang yang dimiliki untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Jelaskan bahwa orang itu akan senang saat menerima bantuan darinya. Ini juga bisa menumbuhkan rasa empati pada Si Kecil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   lebaran,   keuangan








Cover Januari - Februari 2020