Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 8 Juni 2018 / Redaksi

Cara Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak

Moms, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan kecerdasan musikal Si Kecil. Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk memahami, menciptakan lagu, dan memainkan musik. Ini terlihat saat anak mulai menyanyi atau memainkan alat musik.

 

Kemampuan musikal memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti membantu mengingat informasi, membantu anak fokus, dan mengembangkan emosi positif. Banyak cara sederhana yang bisa Anda lakukan bersama Si Kecil. Ini beberapa di antaranya:

 

1. Anda bisa memulai dengan bersenandung dan bernyanyi lagu anak-anak saat beraktivitas bersama Si Kecil. Selain kemampuan musikal, kecerdasan bahasanya pun bisa berkembang.

2. Ajak Si Kecil menebak berbagai bunyi-bunyian untuk merangsang kreativitas berpikirnya. Bunyi bisa didapat dari alam seperti suara burung berkicau atau alat musik yang Anda miliki.

3. Menyanyi sambil menari bisa dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan musikal dan gerak tubuh Si Kecil.

4. Ajak Si Kecil menciptakan musik dari benda-benda di sekitarnya. Bisa dari kaleng makanan kosong, botol bekas yang diisi beras, atau mainan khusus dengan bentuk seperti piano atau drum kecil.

5. Dorong anak untuk bermain musik bersama teman-temannya. Ia akan lebih bersemangat sekaligus melatih kecerdasan interpersonalnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)






RELATED ARTICLE

Manfaat Ayah Bacakan Cerita Untuk Anak

Tips Kembangkan Talenta Musik Si Kecil

3 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak



OTHER ARTICLES

Berkah Jelang Lebaran, Audy Item Lahirkan Anak Kedua

Tanya Jawab Seputar Mudik Bersama Bayi dan Balita

Saat Balita Terima Salam Tempel

Rekreasi Kala Lebaran? Perhatikan 4 Tips Ini, Moms!

Kiat Balita Tetap Sehat Saat Libur Lebaran