Mother&Baby Indonesia
Cara Hadapi Anak Saat Minta Banyak Hal

Cara Hadapi Anak Saat Minta Banyak Hal

Saat Si Kecil memasuki usia balita, ia mulai memiliki banyak keinginan yang menurutnya harus dipenuhi semua. Perilakunya ini bisa membuat Moms dan Dads menjadi kebingungan, bahkan sampai emosi. Namun, hal ini sebenarnya wajar terjadi, karena ia sedang belajar mengontrol dirinya.

 

Menurut psikolog Roslina Verauli, di usia 18-22 bulan, Si Kecil sudah mulai bisa mengucapkan kalimat secara utuh dan lengkap. Mereka mulai mengetahui keinginannya dan mengutarakannya kepada orang lain.



 

Itusebabnya, ia menjadi sukar diatur dan diarahkan. Mereka cenderung tidak bisa mengontrol keinginannya. Lalu, bagaimana cara menghadapi sikap Si Kecil ini? Berikut cara yang bisa Moms dan Dads terapkan pada anak.

 

Bedakan Kebutuhan dan Keinginannya

Anda harus bisa membedakan kebutuhan serta keinginan Si Kecil saat sedang meminta sesuatu. Berikut 3 kebutuhan dasarnya:

- Biologis. Kebutuhan ini termasuk kebutuhan untuk makan, papan, sandang, dan hiburan. Anda wajib memenuhi kebutuhan ini. Namun, yang perlu diperhatikan adalah keinginan yang biasa mendampingi kebutuhan tersebut.



Misalnya, saat ingin makan, Si Kecil meminta makanan tertentu. Padahal kebutuhan dasarnya adalah makan. Jadi, Anda bisa menahan keinginan anak tersebut.

- Kasih sayang. Sudah seharusnya anak mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtuanya. Tetapi, jangan sampai kebutuhan ini justru memanjakan Si Kecil. Terkadang anak meminta untuk ikut saat Anda pergi bekerja. Tak jarang mereka justru melarang Anda untuk pergi dan hanya menemaninya beraktivitas. Berikan pengertian kepadanya bahwa semua bisa didapatkan di waktu yang tepat.

- Rasa aman. Selalu buat Si Kecil merasa aman saat sedang beraktivitas, tetapi tetapkan batasannya juga. Pembatasan itu perlu dilakukan agar anak tetap bisa menjaga diri sendiri. Misalnya, karena ia merasa aman dan dilindungi, ia sembarangan bermain di pinggir jalan raya.

 

Terapkan Disiplin

Selain mengetahui perbedaan di atas, Anda juga harus disiplin dalam menerapkan rutinitas. Sangat penting bagi Moms dan Dads untuk selalu membiasakan anak mengikuti jadwal hariannya.

Selain agar kebutuhan biologis Si Kecil dapat terkontrol, Anda juga bisa melatih anak untuk terbiasa mengikuti aturan yang berlaku. Si Kecil pun akan mampu menahan emosinya untuk melakukan hal-hal di luar kebiasaan. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   keinginan