Mother&Baby Indonesia
Dampak Positif Teknologi Untuk Balita

Dampak Positif Teknologi Untuk Balita

Penggunaan teknologi, seperti gadget, pada balita masih menjadi kontroversi. Banyak ahli mengatakan bahwa pada usia balita, anak-anak seharusnya mendapatkan stimulasi langsung dari orangtuanya melalui permainan, sentuhan, dan percakapan. Namun, bersamaan dengan itu, semakin banyak pula aplikasi edukatif dan ramah anak yang hadir untuk membantu orangtua dalam menstimulasi kecerdasan Si Kecil. Anda sebagai orangtua pun dituntut untuk bijaksana dalam mengenalkan teknologi pada Si Kecil. Apalagi perkembangan teknologi begitu pesat dan mengharuskan kita untuk mampu beradaptasi dengannya. Kabar baiknya, jika digunakan secara tepat dan sesuai aturan, teknologi ternyata juga bisa memberikan efek positif bagi Si Kecil, seperti berikut ini.

 

1. Alat belajar luar biasa



Ketika usia Si Kecil sudah di atas 3 tahun dan ia sudah mulai mengenal warna, huruf, atau angka, Anda bisa menggunakan gadget untuk membuat belajarnya lebih menyenangkan. Berbagai aplikasi edukatif untuk anak memang dirancang dengan sangat menarik, baik dari segi warna maupun gambar. Melalui aplikasi khusus ini, Anda juga bisa mengajarinya bernyanyi, mengenal profesi, mengenal berbagai jenis hewan, buah, dan sebagainya.

 

2. Mengenalkan pada dunia

Dengan adanya internet, Anda bisa mengajak Si Kecil ke berbagai tempat menakjubkan, seperti menyaksikan keindahan bawah laut, bermain di pantai yang dipenuhi pasir putih, atau menikmati matahari terbit dari balik gunung. Anda pun bisa mewujudkan impiannya untuk berkunjung ke negara asal tokoh-tokoh favoritnya. Namun ingat! jangan biarkan Si Kecil bermain internet sendirian, selalu dampingi ia saat menggunakannya.

 

3. Menguasai bahasa asing

Ingin Si Kecil lebih cepat menguasai bahasa asing? Anda bisa menggunakan aplikasi pada gadget untuk mewujudkan hal tersebut. Ada banyak sekali aplikasi yang diciptakan agar ia mampu menguasai bahasa dari berbagai negara. Tapi Anda harus melakukannya secara cermat. Jika Si Kecil tidak tertarik dengan aplikasi tersebut, jangan dipaksakan. Biarkan ketertarikannya tumbuh secara alami, agar ia pun bisa mempelajarinya dengan gembira.

 

4. Lebih terorganisir

Gadget ternyata bisa menjadi alat yang baik untuk mengajarkan Si Kecil pentingnya melakukan sesuatu secara terorganisir. Contohnya, Anda bisa mengajarinya cara membuat folder untuk menyimpan berbagai permainan edukatif yang disukai. Dengan begitu, ia akan lebih mudah mencari aplikasi tersebut jika ingin memainkannya. Si Kecil pun akan terdorong untuk melakukan hal yang sama di kehidupan nyata, seperti terbiasa meletakkan mainan pada tempatnya.

 



5. Memudahkan komunikasi

Teknologi dapat memudahkan orangtua dalam berkomunikasi dengan Si Kecil, khususnya saat harus membahas topik-topik yang cukup berat, misalnya mengenai dampak buruk perkelahian atau bagaimana memberikan pendidikan seks pada balita. Orangtua juga bisa menggunakan website atau video untuk memberikan visual menarik ketika ingin mengajarkan sesuatu kepada Si Kecil. Dengan adanya visual, ia pun akan lebih mudah memahami apa yang Anda katakan.

 

6. Menghapuskan jarak

Tidak dapat dipungkiri kalau keberadaan gadget mampu menghilangkan jarak antara Si Kecil dengan Anda. Jika berprofesi sebagai ibu pekerja, Anda bisa terus memantau kegiatan anak melalui video call atau skype. Dengan begitu, Si Kecil akan terus merasa dekat dengan Anda. Tetapi jangan lupa untuk melakukan komunikasi yang berkualitas dengan anak saat Anda di rumah, karena ia juga membutuhkan Anda secara nyata, tidak hanya maya.

 

7. Mempelajari kesalahan

Saat anak melakukan kesalahan, mungkin akan sulit bagi Anda untuk menasihatinya agar tidak melakukan hal yang sama lagi jika hanya disampaikan melalui kata-kata. Untuk itu, gunakanlah video animasi mengenai tingkah laku anak untuk mengajarkan Si Kecil mengenai apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan. Ajak ia menyaksikan video itu bersama-sama dan beritahukan dampak buruk yang bisa ia alami jika tidak melakukan nasihat orangtua.

 

8. Mendekatkan satu sama lain

Ya! Teknologi bisa menjadi alat untuk meningkatkan bonding Anda dengan Si Kecil. Saat mendampinginya bermain gadget misalnya, Anda dapat membantunya memecahkan tantangan dari permainan yang dihadapinya. Anda juga bisa mengajak Si Kecil menonton film favorit sambil menikmati popcorn di atas sofa empuk. Jangan ragu untuk sesekali mengajukan pertanyaan mengenai film tersebut untuk membangun perbincangan hangat di antara Anda berdua. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   gadget,   dampak positif teknologi








Cover Maret 2020