Mother&Baby Indonesia
Ciri-ciri Anak Yang Didominasi Otak Kanan

Ciri-ciri Anak Yang Didominasi Otak Kanan

Setiap anak memiliki keunikan masing-masing, termasuk cara mereka berpikir. Hal ini akan terlihat dari perilaku kognitif yang Si Kecil lakukan. Pada anak-anak yang didominasi otak kanan, terdapat 6 hal yang akan muncul, dari sisi holistic, random, concrete, intuitive,non-verbal, dan fantasy-oriented. Berikut ini penjelasannya.

 

Holistic



Dalam memproses informasi, Si Kecil akan melihatnya secara keseluruhan. Mereka tidak melihatnya secara detail, tapi hanya garis besar saja.

 

Random

Si Kecil yang didominasi otak kanan akan melihat informasi tanpa prioritas. Saat melakukan pekerjaan, ia pun bisa meninggalkan apa yang sedang ia lakukan dan berpindah ke aktivitas lain yang menarik untuknya.

 

Concrete

Dalam mendidik anak dengan dominasi otak kanan, Moms dan Dads harus menunjukkan sesuatu yang terlihat di mata Si Kecil atau mengajarkan hal-hal yang bisa dipegang atau dirasakan secara langsung olehnya.

 



Intuitive

Anak akan mengandalkan intuisi mereka dalam menerima sesuatu. Saat diberikan situasi yang sulit dihadapannya, mereka sebenarnya bisa menyelesaikan namun sulit untuk menyampaikannya secara langsung.

 

Non-verbal

Untuk cara menyampaikan pemikiran dan gagasan, anak yang didominasi otak kanan akan menggunakan sebuah ilustrasi. Akan sulit bagi mereka untuk menguncapkannya secara to the point, namun menggunakan sebuah contoh.

 

Fantasi-oriented

Karena didominasi otak kanan, mereka akan mengandalkan sisi kreatif yang dimiliki. Maka tak jarang Si Kecil terlihat melamun, padahal mereka sedang berkhayal atau berimajinasi dengan mainan mereka. Anak juga sulit untuk memahami atau melakukan suatu aturan secara teratur. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   otak kanan,   kreatif








Cover Maret 2020