Mother&Baby Indonesia
Moms, Ketahui Tahapan Kecerdasan Bayi

Moms, Ketahui Tahapan Kecerdasan Bayi

 

Setiap manusia memiliki kemampuan masing-masing yang memperlihatkan kecerdasan mereka. Bahkan sejak lahir, bayi sudah mulai menunjukkan perilaku-perilaku yang cerdas. Apa sajakah perilaku bayi yang cerdas? Berikut di antaranya, Moms.

 



Memanggil orangtua

Si Kecil akan berkembang dari newborn menjadi bayi yang penuh rasa ingin tahu. Dari bulan ke bulan, rasa ingin tahunya akan bertambah besar. Pelan-pelan, ia akan mengikuti Anda menyebut “Mama”, “Papa”, atau sekedar “Ba...ba...ba...”. Pada saatnya nanti, ia akan tahu perbedaan antara mama dan papa.

 

Pergerakan tubuh

Bertambah usia, ia juga akan belajar mengubah posisi dari duduk menjadi berdiri atau berbaring. Si Kecil akan semakin menguasai kemampuan spasialnya dan bergerak lebih bebas.

 

Perubahan psikologi

Situs Kids Health mencatat bahwa di usia ini, Si Kecil akan mulai mengalami stranger anxiety dan separation anxiety. Ia akan takut jika ada orang asing yang mendekatinya dan kesal jika Anda pergi meninggalkannya. Karena itu, seringlah mengajaknya bicara dan beri pengertian bahwa perpisahan hanya sementara.



 

Kemampuan motorik

Mary L. Gavin, M.D., dari University of Rochester School of Medicine dan Dentistry, New York, AS, mengatakan bahwa semakin besar, Si Kecil akan semakin berani untuk belajar hal-hal baru. Karena itu, biarkan ia bermain dengan balok warna-warni, kertas origami, atau bola kecil.

 

Kemampuan kognitif

Untuk mengasah kefasihan berkata-kata, kenalkan kata-kata sederhana dengan objek di sekitar dan biarkan ia mengikuti kata-kata Anda.

 

Melatih otak

Moms juga bisa sekaligus melatih otak Si Kecil dengan memintanya untuk mengingat objek yang baru dikenalinya. Mary juga menyarankan Anda untuk bermain petak umpet sebuah benda untuk mengetes kemampuan Si Kecil memahami keberadaan sebuah objek. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   kecerdasan,   tahapan kecerdasan