Mother&Baby Indonesia
Bayi Anda Obesitas? Kenali 4 Penyebabnya!

Bayi Anda Obesitas? Kenali 4 Penyebabnya!

Obesitas atau kelebihan berat badan memang kerap terjadi pada orang dewasa atau anak-anak. Tapi ternyata, bayi yang baru berusia 0-12 bulan juga bisa mengalaminya lho, Moms! Jika obesitas pada orang dewasa terjadi karena berbagai faktor seperti kebiasaan makan yang ‘asal-asalan’ atau tidak menerapkan gaya hidup sehat, berikut 4 penyebab obesitas pada bayi:

 

1. Faktor genetika atau keturunan



Ternyata, orangtua yang bertubuh ‘subur’ berpeluang besar untuk ‘mewariskan’ gen ini pada keturunannya, sekalipun ia masih bayi.

 

2. Obesitas Saat Hamil

Ingat pesan dokter kandungan atau bidan untuk selalu menjaga pola makan supaya tidak ‘kebablasan’, Moms? Hal ini bertujuan agar bayi Anda tidak berukuran terlalu besar saat dilahirkan, yang tentunya selain akan mempersulit persalinan normal, giant baby juga berpotensi menjadi anak yang obesitas di masa pertumbuhannya.

 



3. Diabetes Gestasional

Ibu hamil yang mengalami diabetes sepanjang kehamilannya juga berpotensi melahirkan bayi dengan bobot besar, karena kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh ibu.

 

4. Asupan Gizi dan Gula Berlebih

Jika bayi Anda mengonsumsi susu formula, cermati kandungannya. Beberapa susu memiliki kadar gula tinggi yang berpotensi menyebabkan obesitas. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   baby,   obesitas,   gemuk,   tumbuh kembang,   bayi obesitas,   giant baby








Related Article