Mother&Baby Indonesia
Mudik Sukses MPASI Beres

Mudik Sukses MPASI Beres

Mudik dengan membawa bayi yang sudah mulai makan Makanan Pendamping ASI, perlu persiapan ekstra agar semua berjalan lancar. Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan, Moms.

 

Tempat Menginap



Pilihan tempat menginap saat mudik berhubungan dengan peralatan yang perlu dibawa untuk menyiapkan MPASI. Bila menginap di hotel, Anda perlu membawa peralatan spesifik, yang tidak tersedia untuk dipinjam dari pihak hotel, seperti slow cooker. Bila menginap di rumah keluarga, tentu tak perlu membawa terlalu banyak perkakas karena bisa dipinjam dari dapur mereka.

Pastikan di tempat menginap memiliki daya listrik cukup untuk mengoperasikan sebagian alat masak MPASI yang bertenaga listrik seperti blender dan slow cooker. Pastikan di tempat menginap ada kulkas dan freezer agar Anda dapat menyiapkan bahan MPASI, seperti kaldu atau pure. Bila tidak ada, bawa atau siapkan makanan yang habis sekali makan dan beli bahan makanan segar di tempat tujuan. Pastikan juga ada pasar atau toko bahan makanan segar untuk berjaga-jaga bila persediaan bahan MPASI habis.

 

Durasi Perjalanan

Lama perjalanan mudik akan menentukan persiapan, jenis MPASI yang dibawa, dan cara pengolahannya. Apakah Anda mudik antar kota atau antar propinsi? Apa kendaraannya? Berapa lama waktu di jalan? Dan apakah ada waktu untuk berhenti di jalan guna menyiapkan MPASI?

Siapkan bahan-bahan pembuat MPASI sebelum berangkat. Pastikan tersedia air matang panas untuk menyeduh makanan. Untuk perjalanan bermobil atau kereta api, bawa air panas dalam termos dan isi ulang di restoran pada saat mobil/kereta berhenti. Untuk perjalanan naik pesawat terbang, mintalah pada awak kabin.



 

Peralatan

Jangan sampai perjalanan mudik terbebani peralatan masak. Hindari menggunakan alat standar memasak seperti di rumah, sebab mudik adalah situasi darurat. Pilih yang betul-betul penting atau multifungsi. Di tempat tujuan kita bisa berimprovisasi menggunakan alat masak yang ada untuk menyiapkan MPASI. Pastikan juga alat-alat tersebut dalam kondisi baik dan steril.

 

Menu

Susun menu makan 2-3 hari sebelum mudik untuk memudahkan Anda menyiapkan bahan makanan dan peralatan yang akan dibawa. Perencanaan menu juga dapat menghindari risiko alergi atau mendeteksi penyebab diare pada bayi saat mudik. Dalam perjalanan atau di tempat mudik sekali pun, Anda tetap bisa menyiapkan MPASI yang sehat namun praktis. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: mudik,   bayi,   mpasi








Related Article