Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 12 Juni 2018 / Redaksi

Ini 5 Tips Siapkan MPASI Anak Saat Mudik

Moms, Anda mungkin merupakan salah seorang yang ikut merasakan mudik di hari raya tahun ini. Dan mungkin ini juga pertama kalinya Anda pergi bersama Si Kecil yang sudah berusia di atas 6 bulan. Maka, Anda perlu membawa MPASI yang cukup agar kebutuhan makannya tercukupi dalam perjalanan.

 

Walaupun Anda menggunakan moda transportasi yang relatif cepat atau menempuh jarak pendek, selalu ada kemungkinan delay atau macet. Oleh karena itu, Moms bisa lakukan tips berikut ini agar kebutuhan MPASI Si Kecil tetap tercukupi.

 

1. Jenis makanan yang dibawa

Anda disarankan agar menyiapkan makanan yang praktis selama perjalanan. Misalnya roti, biskuit, keju, dan juga buah yang mudah dikonsumsi seperti pisang. Pastikan bahwa makanan tersebut adalah yang disukai Si Kecil sehingga ia lebih mudah memakannya.

Anda juga bisa membekukan pure sayuran dan kaldu favorit yang sudah matang sebagai makanan beratnya. Untuk pure buah, seperti avokad atau pepaya, lebih baik disajikan dalam keadaan segar.

 

2. Porsi makanan

Bawalah porsi MPASI yang cukup untuk Si Kecil dan beberapa porsi tambahan untuk mengantisipasi delay keberangkatan atau kemacetan dalam perjalanan. Berikut panduan porsinya: bayi usia 6-9 bulan makan 2-3 kali per hari, sementara bayi usia 9-12 bulan makan 3-4 kali perhari.

 

3. Cara menyimpan

Simpan MPASI dalam baby cube kecil berukuran 40 ml agar mudah dihangatkan. Anda bisa membawa beberapa kotak dengan makanan yang beragam. Pastikan bahwa wadah plastik yang digunakan BPA free.

Selain itu, Anda juga bisa meletakkan baby cube tadi ke dalam cooler box atau cooler bag. Jangan lupa membawa blue ice yang cukup banyak, agar suhu di dalam boks tetap dingin. Makanan dapat bertahan selama 7-8 jam dalam cooler box dan 4-5 jam dalam cooler bag.

 

4. Trik menyajikan

Moms bisa menghangatkan baby cube menggunakan mangkuk atau mug yang diisi air hangat, bahkan saat di perjalanan. Anda bisa menyiapkan termos berisi air panas jika mudik menggunakan mobil pribadi.

Untuk perjalanan darat, Anda dapat berhenti di rest area atau mini market guna menghangatkan MPASI, karena biasanya mereka menyediakan air panas. Anda juga dapat meminta pramugari menyediakan air panas untuk menghangatkan MPASI Si Kecil jika melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM





RELATED ARTICLE

Manfaat Gendongan Untuk Bayi Anda

Pentingnya Car Seat Untuk Keselamatan Bayi Di Mobil

Agar Tulang Anak Sehat dan Kuat



OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Memasang Car Seat untuk Balita

Asah Kemampuan Berpikir Si Kecil dengan Cara Ini, Moms!

Cara Sembuh dari Trauma Persalinan

Kondisi Kesehatan bisa Dilihat dari Kuku

Waktu yang Tepat untuk Mengejan saat Melahirkan