Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Car Seat Untuk Keselamatan Bayi Di Mobil

Pentingnya Car Seat Untuk Keselamatan Bayi Di Mobil

Saat melakukan perjalanan dengan mobil, kenyamanan dan keselamatan Si Kecil menjadi yang paling utama. Maka penting bagi Moms untuk mendudukkan bayi di kursi khususnya sendiri atau disebut car seat.

 

Banyaknya jenis car seat yang dijual di pasaran tentu cukup membuat Anda bingung untuk memilih kursi mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Pada dasarnya, penggunaan car seat ini perlu disesuaikan dengan usia, ukuran, dan kebutuhan perkembangan anak Anda. Berikut ini pemakaian car seat yang tepat untuk Si Kecil sesuai tahap usianya:



 

Bayi: Rear-Facing Car Seats

Sejak ia lahir, atau saat usianya 0-12 bulan, Si Kecil menggunakan jenis kursi khusus sesuai kebutuhannya yang disebut Rear-Facing Car Seats. Kursi ini dipasang menghadap ke belakang kursi mobil.

Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics (AAP), car seat ini sudah bisa digunakan saat Si Kecil pertama kali dibawa pulang dari rumah sakit. Rear-Facing Car Seats juga tersedia dalam 3 tipe.

Pertama, tipe kursi yang dihadapkan ke belakang (Rear-facing–only seats) dan digunakan untuk Si Kecil yang memiliki berat 11-20 kg. Biasanya bentuk kursi ini kecil dan memiliki pegangan (carriying handles). Kursi ini biasanya dapat dibiarkan terpasang di mobil.



Kedua, kursi yang dapat dikonversi (Convertible seats) yang digunakan apabila berat atau tinggi tubuh Si Kecil sudah melebihi standar penggunaan Rear-facing–only seats. Bentuk kursi ini biasanya lebih besar dan didesain untuk menempel pada jok mobil, namun tidak memiliki pegangan. Desain tali penguat (harness) pada car seat ini disesuaikan agar bahu, pinggul, dan kaki Si Kecil dapat menempel dengan baik saat ia duduk.

Ketiga, tipe 3 in 1 seats di mana kursi yang digunakan dapat menghadap ke belakang, ke depan, atau sebagai penguat posisi sabuk pengaman. Kursi tipe ini tentu bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama oleh Si Kecil. Bentuk kursi ini lebih besar dari dua kursi sebelumnya. Jadi, pastikan kursi ini muat jika ditaruh di mobil Anda.

Bentuknya yang besar membuat car seat ini ideal digunakan bagi Si Kecil yang memiliki berat 20-25 kg. Sebaiknya ketiga tipe car seat ini hanya digunakan untuk perjalanan saja, dalam arti tidak digunakan untuk tidur, makan, atau penggunaan lain di luar kendaraan.

 

Seperti dijelaskan di atas, seiring bertambahnya usia Si Kecil maka kebutuhan car seat pun menyesuaikan dengan tubuh mereka. Informasi selengkapnya mengenai penggunaan car seat ini bisa Moms dan Dads baca di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Juni 2018! Anda pun bisa lebih menjaga keselamatan serta membuat Si Kecil tetap nyaman selama di perjalanan. (Vonda Nabilla/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   anak,   car seat,   keselamatan