Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 4 Juni 2018 / Redaksi

Perkembangan Pendengaran Anak

Di satu tahun pertama kehidupannya, pendengaran bayi berkembang dan bertambah tajam. Ia belajar mengenali sumber suara, memahami, dan merespons jenis suara yang didengarkannya. Berikut ini panduan perkembangan pendengaran si kecil bulan perbulan:

 

Usia Baru Lahir



Sejak dilahirkan, bayi akan tertarik pada suara, terutama yang bernada tinggi. Ia juga akan mulai merespons suara yang tak asing –seperti suara Anda– dan terkejut saat ada suara bising. Karena itu, waspadai bila ia cuek saja atau tidak menangis bila ada suara yang keras, terutama yang datangnya secara tiba-tiba.

 

Usia 3 Bulan

Bagian dari otak bayi yang berhubungan dengan pendengaran, kemampuan bahasa, dan indera penciuman –disebut temporal lobe– akan lebih reseptif dan aktif. Apa tandanya? Saat si kecil mendengar suara Anda, ia akan menoleh pada Anda dan berusaha mengoceh sebagai bentuk respons terhadap Anda. Namun, biasanya pada usia ini, bayi hanya akan merespons pada suara yang berasal dari arah depannya.

Mengoceh dan mendengarkan merupakan hal yang masih sulit dilakukan untuk bayi usia 3 bulan. Bila ia menoleh ke arah lain atau hilang konsentrasi saat Anda berbicara atau membacakan sesuatu padanya, tenang Moms, itu belum tentu pertanda si kecil tak bisa mendengar Anda. Kemungkinan besar, stimulasinya belum cukup. Yang jelas, pastikan si kecil bereaksi terhadap suara.

 

Usia 4 Bulan

Bayi akan bereaksi dengan antusias terhadap suara. Ia bahkan akan tersenyum saat mendengar suara Anda. Pada usia 4-6 bulan ini, bayi mulai menirukan suara yang dikenalinya. Ia juga mulai memperhatikan mulut Anda dengan seksama saat Anda berbicara, sehingga akan mulai menirukan dan mengucapkan suara beberapa konsonan.



 

Usia 6-7 Bulan

Si kecil mulai bisa mengetahui asal suara. Juga, dengan cepat menoleh ke arah sumber suara baru, yang tidak hanya berasal dari depan, tapi juga dari belakang atau sisi lain ruangan. Ia juga mulai bisa bereaksi terhadap suara yang sangat pelan, selama perhatiannya tidak teralihkan. Hati-hati bila si kecil lebih senang pada suara yang ada efek getarnya (karena ia bisa merasakannya) dan belum bisa mulai mengoceh atau menirukan suara.

 

Usia 12 Bulan

Selamat ulang tahun pertama! Bayi Anda akan sudah bisa mengenali lagu favoritnya dan mencoba ikut bernyanyi. Namun, bila yang terjadi sebaliknya, ia belum bisa mengucapkan kata-kata yang sederhana, seperti “mama”, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memeriksakannya.

 

Usia 2 Tahun

Pada tahap ini, kemampuan pendengarannya sudah berkembang pesat. Karena itu, bila kemampuan bicara atau kata-katanya sulit dimengerti atau dia tidak mampu mengulangi kata-kata yang Anda ucapkan, jangan ragu lagi, segera periksakan. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

3 Hal Yang Membuat Nyaman Menyusui Si Kembar

Awas Terbakar!

Ini Dia Manfaat Mengajak Bayi Berenang

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019