Mother&Baby Indonesia
3 Hal Yang Membuat Nyaman Menyusui Si Kembar

3 Hal Yang Membuat Nyaman Menyusui Si Kembar

Memiliki bayi kembar menjadi satu hal yang membahagiakan ya, Moms. Namun tak bisa dipungkiri betapa repotnya saat hendak menyusui Si Kembar. Moms tentu tetap bisa menyusui keduanya dengan nyaman dan mudah. Bagaimana caranya? Berikut M&B berikan alernatif metodenya untuk Anda.

 

1. Penyangga Si Kembar



Ketika memberikan ASI, Anda bisa menyangga kedua kepala bayi dengan telapak tangan. Tubuh Si Kembar bisa disellipkan di bawah tangan Anda. Apabila menyusui bayi dengan payudara kanan, Anda dapat memegangnya dengan tangan kanan. Sedangkan jika memberikan ASI dengan payudara kiri, Anda dapat memegangnya menggunakan tangan kiri. Anda juga dapat meletakkan bayi di pangkuan atau di bantal. Kemudian, sangga bagian bahu, leher, dan kepala bayi dengan kedua tangan.

 

2. Gendong Keduanya

Cara kedua ini bisa Anda jadikan pilihan agar Anda dan Si Kembar memperoleh kenyamanan. Anda dapat memeluk mereka dengan menempatkan posisi kepala pada lekuk tangan Anda. Kemudian arahkan Si Kembar untuk mendapatkan ASI dari payudara kanan, lakukan secara bergantian.



 

3. Posisi Gabungan

Anda dapat memberikan ASI dengan posisi yang berbeda di waktu bersamaan. Bayi pertama bisa disusui dengan posisi menggendong, sedangkan bayi kedua dengan posisi menyangga kepala. Lakukan posisi ini secara bergantian, sehingga Anda bisa memberikan kenyamanan kepada Si Kembar.

 

Moms bisa melakukan berbagai posisi di atas saat menyusui Si Kembar. Dengan posisi tersebut, proses pemberian ASI pun dapat lebih lancar. Happy breastfeeding! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Flickr)



Tags: bayi,   bayi kembar,   menyusui,   asi








Cover Maret 2020