Home - Bayi - Perawatan Bayi / 16 Mei 2018 / Redaksi

Saat Bayi Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi mungkin menjadi saat paling tidak nyaman bagi bayi. Ketika giginya mulai tumbuh, bayi akan berusaha mengunyah apa pun untuk membuat gusinya nyaman, termasuk tangannya sendiri. Jika semua benda di sekitarnya dalam keadaan bersih, tidak masalah. Namun bagaimana jika sebaliknya? Karenanya bantu buah hati Anda dengan cara yang lebih aman dan sederhana, seperti berikut ini:

 

- Gunakan jari Anda. Cuci tangan Anda hingga bersih, lalu gunakan salah satu jari untuk menggosok gusi bayi dengan lembut. Setelah gusinya terasa relaks, pijat perlahan selama 2 menit untuk memberikan rasa nyaman pada seluruh bagian mulutnya.

- Ekstrak vanili. "Saat Anda mengoleskan ekstrak vanili pada gusi bayi dan memijatnya perlahan, ada 2 keuntungan yang bisa diperoleh. Pertama, pijatan akan meringankan rasa nyeri pada gusinya. Kedua, aroma vanili akan memberikan kenyamanan dan membuat bayi lebih tenang," ungkap Alexander Barani, seorang ahli gigi.

- Kain flanel dingin. Ambil sehelai kain flanel, rendam dalam air dingin bersih, tiriskan, dan biarkan bayi mengunyahnya. "Tekstur dari kain flanel akan memberikan rasa nyaman pada gusi bayi," jelas Penny Lazell, seorang petugas kesehatan.

- Jangan menyerah. Saat menghadapi bayi yang tumbuh gigi, Anda harus bersikap gigih dan tidak mudah menyerah. Selain harus ekstra sabar, kondisi ini juga menuntut Anda untuk menjadi lebih kreatif dalam menghadapi kerewelan bayi. Anda mungkin akan beberapa kali gagal saat mencoba menyamankan gusinya, namun jangan menyerah. Tetaplah coba berbagai cara hingga Anda berhasil.

- Kenalkan dengan sikat gigi. Meskipun gigi bayi belum muncul, alangkah baiknya jika Anda tetap mengenalkannya dengan sikat gigi khusus bayi berbulu lembut. Berikan sikat gigi tersebut padanya dan biarkan ia menggigitinya. Jadi ketika nanti giginya muncul, Anda tidak perlu lagi berjuang keras untuk membersihkannya.

- Tawarkan pengganti. Pengalaman tumbuh gigi pada setiap bayi berbeda-beda, ada yang merasa nyaman jika disusui, namun ada pula yang tidak. Pada sebagian bayi, menyusu bisa menjadi saat yang menyakitkan karena gusi mereka begitu sensitif dan mudah sekali bengkak atau berdarah. Memberikan ASIP melalui cup feeder bisa jadi pilihan, karena ia tetap bisa mengisap dan mengunyah dengan bebas.

- Nikmati udara segar. Udara segar dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang bayi rasakan saat tumbuh gigi. Ajaklah ia jalan-jalan keluar rumah untuk menikmati harumnya bunga, bertemu dengan hewan-hewan kecil, atau sekadar melihat-lihat lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga baik untuk mengalihkan perhatian bayi dan rasa nyeri yang dirasakan. (M&B/SW/Dok. Freepik)








OTHER ARTICLES

5 Alasan Peran Ayah Dibutuhkan Anak-Anak

Resep Mudah Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Menjadi Orangtua Baik Untuk Balita Anda

Bayi Ini Punya Rambut ‘Jabrik’ Langka

Saat Bayi Menggigit