Mother&Baby Indonesia
Tips Memandikan Bayi

Tips Memandikan Bayi

Buku Golden Kids, Caring Your Baby, mengatakan bahwa tidak ada aturan yang mengharuskan bayi yang baru lahir dimandikan. Ada yang berpendapat Si Kecil hanya perlu diseka saat tali pusatnya belum puput. Namun sebenarnya, ketika tali pusat bayi belum puput, ia pun sudah boleh dimandikan dengan hati-hati. Bagi sebagian orangtua, memandikan bayi adalah tantangan tersendiri. Tubuh bayi yang masih lemah kadang membuat Anda merasa khawatir ketika ingin memandikannya. Padahal bila Anda tahu triknya, kegiatan mandi dengan Si Kecil pasti menjadi momen yang paling menyenangkan.

 

Agar kegiatan mandi Si Kecil bukan lagi hal yang menakutkan, panduan berikut ini bisa membantu Anda, Moms.



 

Perlengkapan:

- Bak mandi

- Alas anti-slip dari bahan karet

- Handuk kering yang lembut

- Perlak/alas kain

- Sampo bayi

- Sabun bayi

- Minyak bayi

- Waslap handuk (2 buah)

- Kapas bulat (steril)

- Kain kasa (steril)

- Air hangat

- Popok

- Pakaian



- Kain bedong (jika perlu)

- Sisir

 

Tips memandikan bayi:

1. Baringkan bayi di atas alas perlak atau kain.

2. Bersihkan kedua kelopak matanya dengan kapas bulat steril. Lakukan hal yang sama untuk hidung, daun telinga, dan daerah kemaluannya.

3. Jika tali pusat belum puput, buka ikatan kain kasa pada penjepit penyangganya. Jangan sekali-kali menarik paksa kain kasa yang menempel dalam keadaan kering.

4. Seka wajah, dada, perut, punggung, pantat, kedua tangan dan kaki menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat dan diperas.

5. Bersihkan seluruh bagian tubuhnya dengan menggunakan waslap yang telah dibubuhi sabun. Lanjutkan hal yang sama untuk membersihkan bagian rambutnya dengan sampo.

6. Seka seluruh bagian tersebut dengan waslap lain yang sudah dibasahi air hangat hingga bersih. Cara ini dilakukan agar bayi tidak tergelincir karena licin saat di dalam bak mandi.

7. Taruhlah bayi ke dalam bak mandi yang sudah diisi air hangat dengan 1 tangan menyangga tubuhnya, sehingga ia tidak tenggelam.

8. Basuhlah tubuh Si Kecil dengan air hangat secara perlahan, mulai dari rambut, wajah, hingga ujung kakinya.

9. Jika Si Kecil banyak bergerak atau tidak bisa diam, berilah mainan untuk mengalihkan perhatiannya.

10. Jalin kontak dengan Si Kecil saat mandi lewat komunikasi atau nyanyian untuk membuatnya tenang.

11. Angkat dan bungkus Si Kecil dengan handuk. Keringkan tubuhnya dengan cara menekan-nekan handuk dengan lembut. Bila tali pusat belum puput, jangan lupa mengganti kain kasa steril pada penyangga tali pusatnya dan ikat kembali. Lalu, segeralah kenakan popok dan pakaiannya, juga balutkan bedong untuk sekadar menghangatkannya. (M&B/SR/SW/Dok. Freepik)



Tags: memandikan bayi








Cover Januari - Februari 2020