Mother&Baby Indonesia
Pijat Minyak Zaitun Dapat Timbulkan Eksim Pada Bayi

Pijat Minyak Zaitun Dapat Timbulkan Eksim Pada Bayi

Memberi pijatan pada bayi menjadi salah satu stimulan yang baik untuk perkembangannya. Namun, sebaiknya Moms hindari menggunakan minyak, khususnya minyak zaitun, saat hendak memijat bayi. Karena ternyata ini dapat meningkatkan risiko eksim dan masalah kulit lain pada Si Kecil.

 

Hal tersebut disampaikan oleh para ahli di Universitas Manchester, Inggris, bahwa orangtua harus menghindari penggunaan minyak alami untuk pijat bayi. Ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kulit Si Kecil, serta membuatnya berisiko terkena eksim.



 

Minyak tersebut akan terurai menjadi asam lemak, yang tentunya dapat menimbulkan iritasi. Penggunaan minyak untuk memijat juga membuat kulit bayi menjadi kering, retak, hingga eksim, karena minyak tidak dapat membuat air terserap ke dalam kulit.


Jika Si Kecil ternyata telah mengalami eksim, Moms bisa mengatasinya terlebih dahulu dengan cara sederhana, seperti berikut ini:

 



- Beri kulit Si Kecil pelembab dengan bahan ceramide di dalamnya. Usahakan agar pelembab tidak memiliki wangi khusus, sehingga dapat mempertahankan kelembaban alami kulit bayi.
 

- Mandikan Si Kecil dengan air hangat, karena dapat membuat kulit terhidrasi serta lebih sejuk. Air hangat juga dapat membantu meredakan kulit yang gatal. Pastikan agar suhu air tidak terlalu panas dengan waktu mandi sekitar 10 menit.
 

- Pakai sabun yang tidak beraroma dan berbahan ringan untuk mandi serta pakaian Bayi. Batasi penggunaan sabun hanya untuk area tubuh yang kotor, sedangkan area lain bisa dibilas saja. Keringkan kulit dengan menepuk badan Si Kecil menggunakan handuk lembut.
 

- Pakaikan baju yang nyaman untuk Si Kecil, baik saat kondisi sedang terik atau dingin karena hujan. Cuci juga pakaian baru bayi sebelum dikenakan padanya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   perawatan bayi,   memijat bayi,   minyak zaitun










Cover Mei-Juni-Juli 2020