Mother&Baby Indonesia
5 Permainan Seru Di Luar Ruangan Dengan Balita

5 Permainan Seru Di Luar Ruangan Dengan Balita

Usia balita merupakan periode dimana anak memiliki keingintahuan sangat besar. Ia pun gemar melakukan eksplorasi dengan dunia di sekitarnya untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Moms bisa membantu menstimulasi kemampuan anak secara optimal. Salah satunya dengan mengajak Si Kecil bermain di luar ruangan atau melakukan aktivitas outdoor. Ada banyak permainan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan saat hari sedang cerah. Berikut lima aktivitas yang bisa dimainkan oleh Moms dan Si Kecil:

 

1. Menjadi Patung



Untuk permainan ini, Moms bisa mengajak Si Kecil bermain di taman dan menyiapkan lagu yang riang. Anda bisa menggunakan radio, smartphone, atau menyanyikannya sendiri. Kemudian, mainkan musik dan buat Si Kecil bersama teman dan keluarga lain menari bersama dengan gembira. Lalu, hentikan musik dan bersorak ‘Jadi patung!’ dan mintalah semua peserta berpose sampai musik dimulai lagi.

 

2. Menggambar Di Trotoar

Moms bisa menyiapkan kapur dan ajak Si Kecil bermain di pinggir jalan. Pastikan area tersebut bebas dari kendaraan, sehingga anak aman bermain di sana. Lalu, mintalah ia untuk menggambar apa pun di jalan tersebut dengan kapur. Kegiatan ini bisa juga Anda gunakan untuk mengenalkan anak tentang hewan, huruf, atau angka sejak dini. Kenalkan mereka pada hal-hal yang mereka lihat meskipun hanya dari gambar. Kreativitas Si Kecil akan terasah dari kegiatan sederhana tersebut.

 

3. Bermain Gelembung



Siapa yang tidak suka gelembung? Semua orang, terlebih anak-anak pasti menyukainya. Maka, Moms bisa mengajak Si Kecil bermain gelembung di luar rumah dan biarkan mereka mengejar sambil memecahkan gelembung tersebut. Anda bisa membuat gelembung dari campuran air dan busa sabun. Melakukan kegiatan ini di luar rumah akan lebih aman. Jika di dalam rumah, sabun yang jatuh ke lantai dapat menyebabkan lantai licin dan Si Kecil bisa terpeleset. Namun, pastikan juga cairan sabun tidak mengenai mata anak agar tidak terjadi iritasi.

 

4. Temukan Aku

Permainan kali ini menuntut Moms membuat sesuatu, seperti ikan atau katak. Bisa juga dengan menyiapkan harta karun dan sembunyikan di area pekarangan. Buat petunjuk sederhana untuk menemukannya. Jangan lupa ‘senjatai’ Si Kecil dengan ember atau sekop kecil jika Anda menyembunyikan ‘benda misterius’ di dalam tanah. Pastikan juga agar Moms atau Dads mendampinginya agar tetap aman ketika ia mencari benda tersebunyi tersebut.

 

5. Langkah Kecil, Langkah Besar

Permainan ini mencontoh permainan yang dibuat Yo Gabba Gabba, dengan menggunakan lagu berjudul Baby Steps. Pertama, tunjukkan langkah kecil pada anak. Biarkan ia mengikuti. Lalu, lakukan langkah besar dengan berteriak, “Sekarang LANGKAH BESAR! Satu! Dua! Tiga! Empat!” Buat empatlangkah besar yang dilebih-lebihkan. Permainan ini memang sederhana, tapi cukup menyenangkan buatanak-anak. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: permainan,   anak,   balita,   aktivitas outdoor








Cover Januari - Februari 2020