Mother&Baby Indonesia
Ini Cara Bangkitkan Lagu dan Film Anak-anak

Ini Cara Bangkitkan Lagu dan Film Anak-anak

Akhir-akhir ini Indonesia memang mengalami krisis lagu anak. Hal ini dapat dilihat dari sudah jarangnya lagu anak yang diputar di televisi. Anak-anak pun kini lebih suka menyanyikan lagu orang dewasa.

 

Hal inilah yang melandasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) membuat program Lomba Cipta Lagu Anak 2018 pada April lalu. Lomba yang telah ditutup pada 15 Mei 2018 ini menarik perhatian para peserta sehingga panitia menerima sebanyak 1.865 lagu dari 1.212 peserta yang mengikuti lomba.



(Riri Riza, Mira Lesmana, dan Triawan Munaf saat menghadiri konferensi pers pengumuman Lomba Cipta Lagu Anak 2018 dan peluncuran official trailer Kulari ke Pantai)

 

Menurut kepala badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, banyaknya lagu yang diterima pada lomba ini menandakan kebutuhan akan lagu anak dirasakan oleh masyarakat luas.

 

"Ketika lomba Cipta lagu anak ini dibuka, begitu banyak respons yang kami terima. Tidak hanya banyak secara jumlah, tapi juga banyak yang berkualitas baik. Mereka datang dari berbagai kalangan, baik awam maupun pelaku profesional," ujarnya saat ditemui pada acara pengumuman Finalis lomba Cipta lagu anak 2018, di Gandaria City, Kamis 24/5.

 

Triawan meyakini Lomba Cipta Lagu Anak 2018 mampu menjadi momentum untuk membangkitkan popularitas lagu anak dengan lagu-lagu yang berkualitas. Program ini juga rencananya akan dijadikan program tahunan.

 

Selain lagu, hiburan yang berkualitas untuk anak-anak pun perlu dibangkitkan. Hal ini ditunjukan Miles Films yang turut meluncurkan official trailer dari film produksinya berjudul Kulari ke Pantai.



 

Trailer ini menampilkan potongan cerita perjalanan liburan anak dan keluarganya yang ditempuh sepanjang 1.025 km, dari Jakarta ke Banyuwangi, dan ke Rote, Nusa Tenggara Timur.

 

Sebagai produser film Kulari ke Pantai, Mira Lesmana berharap hadirnya film ini dapat memeriahkan dunia hiburan yang berkualitas untuk anak-anak, khususnya film dan lagu.

 

Di tempat yang sama, Roy Adimulyo, Direktur International Design School, berharap momen ini juga menjadi turning point kejayaan lagu-lagu anak Indonesia, yang tentunya selaras dengan napas dan semangat kekinian.

 

Sebelumnya pada pengumuman Finalis lomba Cipta lagu anak 2018, diketahui ada 5 finalis terpilih yang akan masuk dalam album kompilasi film Kulari ke Pantai dan dinyanyikan oleh para pemeran anak-anak dari film tersebut.

 

Saat ini film Kulari ke Pantai masih dalam proses penyelesaian dan akan mulai tayang di bioskop Nasional mulai 28 Juni 2018. Jadi, jangan sampai terlewat ya, Moms! (Vonda Nabilla/SW/Dok. freepik/Dok.M&B)



Tags: lagu anak,   film anak








Cover Januari - Februari 2020