Home - Bayi - Baby First Time / 14 Mei 2018 / Redaksi

Tips Lancar ASI Saat Jalani Puasa

Bulan suci Ramadan sebentar lagi tiba, saatnya mempersiapkan diri untuk menjalani puasa. Namun sebenarnya, menjalankan puasa tidak diwajibkan untuk ibu menyusui. Sebab, saat berpuasa, tubuh lebih rentan kehilangan cairan karena perubahan pola makan dan tidur. Namun keistimewaan bulan Ramadan membuat para ibu menyusui berniat untuk berpuasa sambil tetap menyusui buah hati. Kendati demikian, banyak Moms yang menyusui bayinya merasa khawatir kalau puasa akan memengaruhi nutrisi di dalam ASI. Faktanya, berpuasa tidak akan memengaruhi produksi ASI. "Kuantitas dan Kualitas ASI tidak berkurang asalkan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu menyusui mencukupi kebutuhan harian," ujar dr. Dian Permatasari M.Gizi, SpGK.

 

Agar produksi dan nutrisi ASI tetap terjaga selama menjalani puasa, Moms perlu perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Makan 3 Kali Sehari

Meski menjalani puasa, Moms harus tetap menerapkan pola makan 3 kali sehari dengan menu gizi seimbang. Moms bisa makan saat sahur, ketika berbuka puasa, dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Selain menghasilkan energi untuk menjalani aktivitas, pola makan ini juga mampu memberikan nutrisi yang baik untuk Si Kecil. Jangan lupa, hindari makanan pedas agar tidak merusak lambung dan kualitas ASI.

 

2. Penuhi Kebutuhan Serat

Pastikan Anda mengonsumsi sayuran yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan serat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsilah sayuran yang kaya akan karoten, lycopene, vitamin A, dan zat anti-oksidan lainnya. Selain itu, Moms juga perlu mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan salmon, daging tanpa lemak, atau roti gandum. Sediakan juga sayuran hijau untuk melengkapi nutrisi Anda dan ASI untuk Si Kecil.
 

3. Banyak Minum Air

Ibu menyusui rentan terkena dehidrasi. Moms bisa mencegahnya dengan minum 2 liter air per hari yang dibagi pada saat sahur dan buka puasa. Untuk menyiasatinya juga, minumlah segelas susu atau jus buah maupun sayur setiap sahur dan minum air hangat saat berbuka puasa. Tindakan ini akan mampu merangsang kelancaran ASI. Moms juga harus rajin minum air di malam hari agar tidak kekurangan cairan karena proses menyusui.

 

Ada dua tips penting lainnya dan informasi menarik seputar ibu, bayi, hingga balita yang bisa Moms dapatkan secara lengkap di Majalah Mother&Baby Indonesia edisi Mei 2018. Langsung diburu yuk, Moms! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

share to BBM


RELATED ARTICLE

Trik Cerdas Memberi Makanan Padat pada Bayi Agar Lahap

Mengapa Ibu Harus Menyusui?

Minum Obat saat Menyusui? Ini Efeknya pada Bayi!



OTHER ARTICLES

Tips Memilih Botol untuk Buah Hati

Waspada! Picky Eater Bisa Sebabkan Stunting pada Anak

Bayi Ini Bangunkan Ibunya yang Koma selama 23 Hari

Mengajari Anak Cara Menerima Kekalahan

Moms, Ini Perubahan Positif pada Tubuh Usai Melahirkan