Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini Lho Manfaat Ikut Kelas Senam Hamil

Moms, Ini Lho Manfaat Ikut Kelas Senam Hamil

Selama menjalani masa kehamilan, calon ibu tidak boleh berdiam saja. Gerakan sederhana seperti berjalan penting dilakukan. Hal ini akan memengaruhi kesehatan fisik dan psikologis ibu yang akan melahirkan serta janin di dalam kandungan.

 

Ada banyak situs dan informasi yang memberikan panduan gerakan senam hamil yang aman dilakukan. Namun, ini menjadi kurang tepat jika dilakukan sendiri tanpa panduan instruktur senam. Pasalnya, salah gerakan sedikit saja dapat menyebabkan cedera serius bagi ibu dan perkembangan bayi nantinya.



 

Untuk itu, Moms bisa mengikuti kelas senam khusus untuk ibu hamil. Beberapa tempat, khususnya rumah sakit, menyediakan fasilitas ini yang bisa diikuti bumil dari trimester pertama hingga ketiga. Ada banyak manfaat yang bisa Moms dapatkan tentunya jika mengikuti kelas senam hamil ini, di antaranya:

 



1. Kenal Bumil Lain

Kelas senam hamil bukan hanya diikuti Moms seorang diri, tetapi juga bumil lainnya dengan usia kandungan hampir serupa. Moms tentu bisa berkenalan dengan teman baru dan saling berbagi pengalaman soal kehamilan juga, nih.
 

2. Ibu dan Janin Sehat

Seperti dijelaskan di atas, melakukan senam hamil juga merupakan olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan bumil. Dengan gerakan sederhana dan dibantu instruktur, juga menjadi lebih aman dan meminimalisir cedera yang bisa terjadi.
 

3. Membangun bonding

Beberapa gerakan senam hamil menuntut sang ibu untuk relaks sambil menyegarkan pikiran dengan berkomunikasi pada janin. Ini tentu menjadi cara membangun ikatan secara khusus antara ibu dan anak. Selain itu, ibu juga bisa menjalani kehamilan dengan lebih nyaman.
 

4. Dekat Dengan Pasangan

Akan ada satu waktu di mana gerakan senam hamil membutuhkan bantuan dari pasangan. Maka, Moms bisa mengajak Dads untuk ikut bergabung dan membantu Anda melakukan gerakan tersebut. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kedekatan antara Anda dan sang calon ayah, terutama saat mendekati waktu persalinan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   manfaat,   senam hamil