Mother&Baby Indonesia
Merawat Gigi Saat Hamil

Merawat Gigi Saat Hamil

Sakit gigi memang merepotkan apalagi bila sampai berlubang, karena bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan dan pusing. Mengatasi gigi berlubang perlu bantuan dokter gigi, karena di dalam gigi terdapat banyak saraf yang terhubung dengan fungsi otak terutama gigi bagian atas. Jangan sampai Anda salah langkah mengambil tindakan, karena akan merugikan Anda sendiri.

 

Banyak pertanyaan yang sering timbul tentang perawatan gigi saat hamil. Tentunya saat hamil gigi juga harus dirawat, karena bila Anda kehilangan nafsu makan karena sakit gigi, akan memengaruhi pertumbuhan bayi Anda. Berikut tips tentang pentingnya perawatan gigi saat hamil.



 

1. Cek kesehatan gigi ke dokter, minimal enam bulan sebelum merencanakan kehamilan.

2. Jaga kesehatan gigi selama hamil dan bila perlu periksakan ke dokter gigi, minimal sekali selama kehamilan.



3. Gosok gigi minimal dua kali sehari dan gunakan pasta gigi yang membuat mulut segar dan tidak membuat mual.

4. Kurangi konsumsi makanan manis dan asam, sebab berpotensi menyebabkan kerusakan gigi.

5. Makan makanan bergizi, terutama yang berkalsium, bervitamin B12, dan C. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

6. Bagi Anda yang muntah saat hamil, setelah muntah, berkumurlah dengan air hangat atau cairan mulut antibakteri untuk membersihkan asam lambung yang masih tersisa di dalam mulut, yang bisa merusak gigi dan gusi. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: gigi ibu hamil,   merawat gigi,   merawat gigi saat hamil








Cover Maret 2020