Mother&Baby Indonesia
7 Tips Tidur Untuk Bumil Di Trimester Ketiga Kehamilan

7 Tips Tidur Untuk Bumil Di Trimester Ketiga Kehamilan

Moms, memasuki fase kehamilan di trimester ketiga merupakan masa yang paling mendebarkan. Karena tak lama lagi, Si Kecil akan lahir ke dunia menemui orangtuanya. Pada trimester ketiga ini pula, Anda perlu semakin memerhatikan banyak hal, termasuk posisi saat tidur.

 

Hal ini sangat penting, karena posisi yang salah dapat menyebabkan efek kurang nyaman untuk ibu hamil, seperti tidur telentang, yang cenderung menyebabkan mual dan memengaruhi suplai nutrisi dan darah untuk janin.



 

Agar tetap nyaman dan tidak memengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan, Moms perlu mengetahui tips untuk tidur saat hamil di trimester ketiga. Berikut penjelasannya:
 

1. Gunakan bantal besar ataupun kecil agar nyaman saat tidur. Anda juga bisa mencari bantal khusus berbentuk melengkung yang disediakan untuk ibu hamil. Bantal ini dapat menyangga perut Anda yang membesar.
 

2. Tidurlah menghadap sisi kiri dan letakkan bantal di antara kaki sertadi belakang punggung Anda untuk mendapatkan dukungan ekstra.
 



3. Kenakan pakaian tidur yang ringan dan longgar, bukan yang ketat. Usahakan agar pakaian berbahan katun agar Anda tetap merasa nyaman saat tertidur.
 

4. Jika Anda kurang nyaman berbaring di tempat tidur, Anda boleh melakukannya di kursi atau sofa. Cari posisi atau tempat yang paling nyaman untuk Anda pakai sebagai tempat tidur.
 

5. Mengonsumsi makanan ringan saat makan malam dapat membuat Anda tidur lebih pulas. Hindari makanan pedas karena dapat menimbulkansakit maag dan tidur pun menjadi tidak tenang.
 

6. Lakukan beberapa gerakan ringan, tentu dengan pengawasan seorang pelatih. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih relaks dan pasokan oksigen membaik. Maka Anda pun bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.
 

7. Buat diri Anda relaks dengan menjauhkan hal-hal seperti pekerjaan atau memainkan gadget, minimal 15 menit sebelum tidur. Tetaplah berpikir positif dan Anda pun akan lebih mudah untuk tertidur. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: tidur untuk ibu hamil,   tips tidur ibu hamil