Mother&Baby Indonesia
Tips Konsumsi Obat Saat Hamil

Tips Konsumsi Obat Saat Hamil

Ketika hamil, calon ibu mungkin saja menghadapi kondisi kesehatan tubuh yang menurun, dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan minum obat. Namun, mengonsumsi obat bebas saat hamil harus diperhatikan, agar tidak membahayakan ibu maupun janin dalam kandungan.

 

“Sampai saat ini, pemberian obat bebas untuk ibu hamil tetap dibatasi, tergantung tingkat golongan obat aman yang tidak mengandung efek samping bagi ibu hamil dan janin, yaitu kategori A,” jelas dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp. OG, spesialis kebidanan dan kandungan dari RSIA Bunda.



 

Karenanya, Moms perlu memerhatikan tips yang diberikan dr. Cepi berikut ini, agar aman dalam mengonsumsi obat pada masa kehamilan:

 

- Dosis obat bebas untuk ibu hamil sama seperti ibu yang tidak hamil.

 

- Apabila sudah tidak ada keluhan, penggunaan obat bebas atau obat over the counter (OTC) bisa dihentikan.



 

- Ada beberapa obat OTC yang berpengaruh terhadap perkembangan janin sehingga ada baiknya menanyakan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat tersebut.

 

- Penggunaan obat oles di sekitar perut sebaiknya dihindari, terutama untuk kehamilan trimester 3. Karena pada masa ini, pori-pori cenderung melebar.

 

- Penggunaan obat herbal yang tidak melalui uji klinis obat dan belum mendapat persetujuan dari Badan POM, sebaiknya dihindari. (Diana Y. Sari/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   obat,   tip minum obat










Cover Mei-Juni-Juli 2020