Mother&Baby Indonesia
Posisi Yoga Terbaik Untuk Ibu Hamil

Posisi Yoga Terbaik Untuk Ibu Hamil

Selama hamil, seorang wanita tetap harus menjaga kebugaran tubuhnya dengan cara berolahraga. Melakukan yoga jadi salah satu olahraga yang bisa dipilih, karena terdapat beberapa gerakan mudah untuk dilakukan seorang ibu hamil.

 

Yoga sendiri merupakan latihan yang dilakukan dengan lembut dan perlahan. Memanfaatkan pernapasan, yoga mampu menenangkan tubuh dan pikiran. Selain itu, gerakannya yang tidak terlalu berat dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri selama mengandung.



 

Jika Moms ingin melakukan yoga, sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter kandungan. Namun, ada beberapa posisi yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalamnya.

 

1. Supta Baddha Konasana

Sebuah situs Do You Yoga menunjukkan sebuah gerakan bernama Supta Baddha Konasana. Pose ini dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi darah di perut bagian bawah, meregangkan selangkangan, dan meningkatkan rotasi eksternal di pinggul. Selain itu, tentunya sangat baik untuk menenangkan pikiran.

Untuk ibu hamil, posisikan tubuh tidak sejajar (bukan telentang lurus) dengan menambahkan bantal di bawah punggung dan kepala. Letakkan juga sebuah blok antara kaki untuk memperluas panggul Anda.

Berbaringlah di lantai dan perlahan-lahan buka lutut dan kaki keluar dengan telapak kaki menempel satu sama lain. Posisikan lengan di samping tubuh, tarik napas dalam dan buat tubuh menjadi relaks.

 

2. Balasana



 



Posisi ini cukup familiar dilakukan oleh para pecinta yoga. Gerakan Balasana dapat melawan mual, mengurangi kecemasan, dan menenangkan pikiran. Bagi ibu hamil, lakukan gerakan ini dengan meletakkan bantal atau guling di bagian bawah perut sebagai penyangga.

Kemudian, duduklah dengan posisi berlutut. Perlahan-lahan posisikan tubuh Anda ke belakang hingga posisi perut berada di atas lutut. Lalu hadapkan kepala ke samping. Posisi tersebut dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada punggung bagian bawah.

3. Marjaryasana Bitilasana






Ini adalah posisi yang cukup populer, khususnya bagi Moms yang tengah hamil besar. Posisikan tubuh seperti hendak merangkak dengan meletakkan lengan dan kaki sejajar dengan pinggul.

Kemudian, lengkungkan punggung Anda ke atas secara perlahan dengan posisi perut menggantung. Lalu tarik napas dan gerakkan tubuh maju dan mundur dengan melakukannya beberapa kali. Gerakan ini dapat menghilangkan rasa nyeri di punggung dan membuat jalur napas menjadi lebih besar.

 

4. Utkata Konasana

Posisi gerakan ini dilakukan Moms sambil berdiri di atas matras yoga. Lalu, buka kaki Anda sehingga kaki dan tubuh sejajar membentuk persegi. Luruskan lutut Anda dengan kedua jempol kaki sebagai penopang, agar tubuh tetap stabil dan mengurangi risiko cedera.

Kemudian, angkat lengan Moms pada sudut 90 derajat dan posisikan tubuh tegak, sehingga membentuk siku antara lengan dan kaki. Ambil napas dalam-dalam dengan posisi tersebut. Setelah 5 detik, buang napas sambil mengembalikan posisi tubuh tegak lurus.

Dengan melakukan gerakan ini, maka Anda dapat mempersiapkan posisi saat melahirkan. Hal ini merupakan efek dari gerakan Anda membuka pinggul dan selangkangan, serta menciptakan ruang di panggul. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik, Family Education)

 



Tags: kehamilan,   olahraga,   yoga










Cover Mei-Juni-Juli 2020