Mother&Baby Indonesia
Tips Mengadakan Baby Shower

Tips Mengadakan Baby Shower

Baby shower bisa disamakan dengan adat-istiadat tujuh bulanan di Indonesia. Acara ini biasanya diadakan sebagai ucapan syukur karena kehamilan telah memasuki usia matang. Di acara tersebut, para tamu akan memberikan dukungan moral kepada bumil agar siap melahirkan. Doa dan dukungan tentu akan mengurangi kecemasan dan membuat Anda semakin siap menjadi seorang ibu. Ikuti panduan dari M&B ini untuk memudahkan persiapan Anda mengadakan acara baby shower.

 

1. Modern vs tradisional



Untuk mempersiapkan baby shower, Anda harus menentukan apakah akan menyelenggarakan acara dengan cara tradisional atau modern. Pilihan Anda ini akan menentukan hal-hal lain yang harus diputuskan berikutnya. Kedua pilihan itu bisa dilaksanakan dengan cara yang seru. Anda bahkan bisa menggabungkan keduanya, misalnya memadukan kegiatan sesuai adat dengan dekorasi modern.

 

2. Perhitungan anggaran

Pertama, tentukan terlebih dahulu berapa anggaran untuk acara ini. Dengan ini, Anda bisa menentukan siapa saja yang akan diundang, apa saja yang akan dibuat, dan hal-hal yang berkenaan dengan pesta lainnya. Buatlah anggaran dengan rinci dan teliti supaya pengeluaran tidak melebihi kemampuan Anda.

 

3. Waktu dan tempat

Sesuaikan waktu dan tanggal dengan perkiraan kesibukan tamu-tamu Anda, misalnya mengadakan di weekend, pertimbangkan waktunya. Pemilihan tempat juga harus disesuaikan dengan rencana Anda. Anda bisa membuatnya di restoran, kafe, taman, atau rumah. Jangan lupa pikirkan hal-hal kecil lainnya yang juga penting, seperti tempat parkir, toilet, dan jumlah tempat duduk.

 

4. Tamu

Tulis semua tamu yang akan Anda kelompokkan berdasarkan umur serta jenis kelamin. Banyaknya tamu, usia, dan jenis kelamin akan menentukan tempat, banyaknya makanan, dan susunan acara yang akan diadakan. Pastinya Anda pun perlu menyesuaikannya dengan anggaran yang Anda miliki.

 

5. Undangan

Sebaiknya kirimkan undangan 3-4 minggu sebelum acara, lalu ingatkan para tamu melalui pesan singkat atau di media sosial 2-3 hari sebelum acara. Anda bisa sebarkan undangan dalam bentuk berbeda, misalnya untuk orangtua atau tamu yang Anda hormati, berikan undangan tertulis secara resmi atau melalui telepon. Sedangkan untuk teman dan sahabat bisa lewat media sosial atau pesan singkat.

 



6. Susunan acara

Upacara tradisional biasanya memiliki urutan acara sesuai adat masing-masing daerah. Kebanyakan susunan acara tidak dapat diubah, karena memiliki arti masing-masing, tetapi Anda masih bisa menyelipkan beberapa acara bebas di akhir ritual acara adat. Jika Anda membuat acara baby shower modern, Anda bebas menyusun acara yang Anda inginkan, seperti kegiatan permainan untuk tamu dan pembukaan kado.

 

7. Tentukan menu

Makanan yang Anda sajikan sebaiknya disesuaikan dengan tamu. Jika mereka membawa anak, siapkan juga menu khusus untuk anak. Pertimbangkan juga siapa yang akan menyediakan makanan itu, apakah Anda memasak sendiri atau memesan dari restoran favorit. Sediakan juga makanan penutup dan camilan. Ingat, makanan adalah bagian terpenting dari sebuah pesta.

 

8. Dekorasi

Bayangkan dan gambarkan dekorasi seperti apa yang Anda inginkan. Anda bisa menghias sendiri atau menyewa tenaga profesional. Jika acara diadakan di restoran, biasanya pihak restoran memiliki aturan dalam mendekorasi ruangan. Diskusikan kebutuhan Anda dan cari jalan tengah agar sesuai aturan restoran.

 

9. Souvenir

Ada banyak pilihan souvenir yang bisa Anda pakai untuk buah tangan para tamu, misalnya cupcakes lucu, tanaman mungil imut, atau pernak-pernik penuh warna lain.

 

10. Tenaga bantuan

Tak mungkin Anda bisa menyelesaikan persiapan acara ini tanpa bantuan orang lain. Tentukan penanggung jawab untuk bagian-bagian yang penting, seperti fotografer, pembawa acara, penanggung jawab makanan dan games. Namun jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menyewa jasa event organizer. Selamat baby shower! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   baby shower








Cover Januari - Februari 2020