Mother&Baby Indonesia
10 Tanda Awal Kalau Anda Hamil

10 Tanda Awal Kalau Anda Hamil

Setelah beberapa minggu Anda berhubungan seks dengan suami, dan sekarang Anda ingin tahu, “Apakah saya hamil?”. Pastinya Anda butuh alat tes kehamilan untuk mengetahui hal tersebut. Namun, selain dengan tes kehamilan, Anda juga bisa tahu tanda-tanda awal kehamilan. Beberapa di antaranya mungkin ada yang Anda alami. Anda bisa cek di bawah ini.

 

1. Apakah Anda tiba-tiba kehabisan napas saat naik tangga, padahal sebelumnya Anda biasa-biasa saja. Ini mungkin karena Anda sedang hamil, Moms. Janin yang berkembang di dalam perut Anda memerlukan oksigen juga. Dan hal ini bisa terus berlanjut selama kehamilan Anda, terutama karena bayi Anda yang sedang tumbuh mulai menekan paru-paru dan diafragma Anda.



 

2. Saat memakai bra pagi ini, Anda terasa sedikit tersiksa. Ukuran payudara yang membesar, bagian areola yang menggelap, dan bahkan terlihat banyak pembuluh vena di dada Anda, semua itu bisa menjadi tanda pertama bahwa Anda hamil. Kenakan bra yang bisa membantu meredakan ketidaknyamanan Anda.

 

3. Baru membaca satu halaman, Anda langsung tertidur di malam hari. Jika Anda tiba-tiba kelelahan, itu mungkin merupakan respons terhadap peningkatan hormon dalam tubuh Anda. Bagi banyak wanita, rasa lelah akan terus berlanjut hingga trimester pertama, tetapi kemudian surut di trimester kedua.

 

4. Mengalami morning sickness (yang sayangnya bisa terjadi pada pagi, siang, dan malam). Ini mungkin akan mereda saat Anda memasuki trimester kedua. Untuk menguranginya, cobalah makan makanan yang bisa menenangkan perut Anda, seperti biskuit.

 

5. Bolak-balik ke toilet pada malam hari. Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi cairan ekstra, yang membuat kandung kemih Anda bekerja lembur sehingga Anda akan sering buang air kecil.

 

6. Tanda-tanda kehamilan yang awal termasuk sakit kepala, akibat perubahan hormon. Untuk berjaga-jaga jika Anda memang hamil, minumlah acetaminofen yang lebih aman daripada ibuprofen untuk mengatasi rasa sakit.



 

7. Rasa sakit di bagian bawah punggung, padahal Anda biasanya tidak pernah mengalami nyeri punggung. Hal ini akan terus berlanjut selama masa kehamilan.

 

8. Tiba-tiba Anda ingin makan buah-buahan yang masam. Jika biasanya Anda suka ikan, sekarang saat mencium bau ikan, Anda seakan hendak muntah. Jika Anda memperhatikan masalah makanan yang sebelumnya tidak ada, bisa jadi tubuh Anda mengatakan bahwa Anda sedang hamil.

 

9. Perubahan suasana hati yang biasa dikenal dengan istilah mood swing. Ini karena tubuh Anda menyesuaikan dengan perubahan hormon yang terjadi.

 

10. Merasa pusing karena gula darah atau tekanan darah rendah. Pastikan Anda makan cukup dan tetap terhidrasi dengan baik.

 

Itulah beberapa tanda awal kehamilan. Dan untuk lebih pastinya lagi, Anda bisa mengecek lewat alat tes kehamilan. Jika hasilnya positif, Anda bisa mulai berkonsultasi dengan dokter kandungan. Selamat menikmati masa kehamilan Anda, Moms. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   tanda-tanda awal hamil








Cover Maret 2020