Mother&Baby Indonesia
Setelah Melahirkan, Siapkan Biaya Untuk 5 Hal Ini

Setelah Melahirkan, Siapkan Biaya Untuk 5 Hal Ini

Persiapan keuangan yang kurang matang bisa membuat pengeluaran jadi membengkak. Agar keuangan dan tumbuh kembang Si Kecil sama-sama terjaga, persiapkan biaya berikut ini di 6 bulan pertama ya, Moms.

 

1. Kunjungan ke dokter



Kondisi badan bayi yang masih rentan membuat biaya ini wajib dimasukkan ke dalam daftar kebutuhan. Anda juga bisa mempertimbangkan biaya kunjungan ke klinik laktasi, jika diperlukan.

 

2. Imunisasi

Setiap anak perlu mendapatkan imunisasi dan vaksinasi secara rutin. Ada yang diwajibkan dan sudah disubsidi oleh pemerintah sehingga biayanya menjadi lebih murah. Ada pula imunisasi yang dianjurkan namun tidak diwajibkan, dengan kisaran biaya yang relatif mahal.

 

3. Acara syukuran

Sebagai tanda syukur atas kehadiran Si Kecil, umumnya orangtua mengadakan acara selamatan atau syukuran. Untuk itu, siapkan biaya syukuran ini sesuai dengan kemauan Anda dan pasangan.



 

4. Perlengkapan ASIP

Untuk memenuhi kebutuhan ASI Eksklusif, maka perlu disiapkan dana untuk keperluan memerah ASI. Kebutuhan tersebut antara lain pompa, botol penyimpan ASI, freezer, cooler bag, ice pack, sterilizer & bottle warmer, serta peralatan untuk memberikan ASIP.

 

5. Biaya rutin bulanan

Biaya rutin bulanan terdiri dari susu formula (jika Si Kecil tidak dapat mengonsumsi ASI), diapers, dan pengasuh atau daycare. Dalam sehari seorang bayi dapat berganti popok 6-10 kali. Sedangkan biaya untuk pengasuh biasanya lebih bersahabat dibanding daycare.

 

Siapkan kelima biaya tersebut sedini mungkin, Moms. Jika Anda bekerja, selalu cek apakah fasilitas dari kantor dapat menanggung seluruh atau sebagian biaya dokter, imunisasi, dan vaksinasi. Untuk biaya rutin bulanan, dapat disiapkan dari penghasilan per bulan. Jika cashflow masih minus, tinjau lagi pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan. Selamat menghitung ya, Moms! (Indah Hapsari (Janus.id), Claudia Clara Septiara/DEE/MA/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   melahirkan,   biaya,   keuangan keluarga