Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 16 Mei 2018 / Redaksi

Kapan Boleh Olahraga Lagi Usai Melahirkan?

Secara umum, Anda sudah boleh melakukan olahraga kembali 6-8 minggu setelah melahirkan, baik secara normal maupun operasi caesar. Namun akan lebih baik jika sebelumnya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin melakukan olahraga apa pun, sebab kondisi setiap orang berbeda. Pilihan olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, berenang, atau bersepeda adalah yang terbaik pada masa ini. Jika Anda mengalami proses penjahitan selama persalinan (caesar maupun episiotomi per vaginal), sebaiknya hindari olahraga berat karena bisa mengganggu proses penyembuhan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan jahitan akan meregang dan kemudian terlepas.

 

Untuk memilih olahraga tepat bagi Anda para ibu baru, disarankan olahraga yang bersifat aerobik, seperti jogging, bersepeda, berenang, atau senam low impact yang merupakan pilihan tepat bagi para ibu yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan. Latihan itu dapat dilakukan dengan waktu yang cukup panjang, namun tidak akan membuat ibu terlalu lelah. Gerakan olahraga yang berisiko tinggi, seperti mengandung unsur loncatan, sangat tidak disarankan, karena akan memberikan dampak kurang baik pada tubuh.

 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai olahraga pasca persalinan:

- Cobalah untuk berolahraga sebanyak 30 menit, 5 hari dalam seminggu. Pisahkan jenis latihan Anda dalam 3 fokus latihan, yaitu kardio dan 2 latihan kekuatan dasar.

- Kombinasikan olahraga yang Anda lakukan. Jika Anda melakukan olahraga yang sama setiap hari, tubuh akan beradaptasi sehingga Anda kesulitan untuk menurunkan berat badan.

- Pastikan latihan yang Anda lakukan efektif. Jika memungkinkan, mintalah saran dari personal trainer atau membeli video latihan khusus untuk dilakukan di rumah. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa gerakan olahraga yang dilakukan sudah benar. Tingkatkan level olahraga Anda jika suatu latihan sudah terasa lebih mudah.

- Untuk mempererat bonding Anda dengan Si Kecil sekaligus menurunkan berat badan, Anda juga bisa berolahraga bersamanya. Lakukan mom and baby yoga atau sekadar mengajak Si Kecil jalan-jalan pagi menggunakan stroller. Sederhana dan bermanfaat. (M&B/SW/Dok. Freepik)








OTHER ARTICLES

5 Alasan Peran Ayah Dibutuhkan Anak-Anak

Resep Mudah Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Menjadi Orangtua Baik Untuk Balita Anda

Bayi Ini Punya Rambut ‘Jabrik’ Langka

Saat Bayi Menggigit