Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 25 Mei 2018 / Redaksi

Tahapan Minum ASI Bayi Sejak Lahir Hingga 2 Tahun

Sebagai calon ibu atau baru menjadi ibu, ada banyak hal yang perlu Anda pahami, khususnya tentang pemberian ASI. Selain nutrisi di dalamnya yang penting diberikan dan masuk ke dalam tubuh bayi, kebutuhan ASI di setiap umur Si Kecil juga berbeda-beda jumlahnya, mulai dari pertama kali buah hati menyusu hingga mereka bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI. Karena itu, Moms perlu mengetahui dan menjaga agar asupan ASI bayi bisa tercukupi secara optimal, tidak berlebih atau malahan kekurangan. Berikut tahapan bayi minum ASI, dari sejak lahir hingga usia 2 tahun.

 

Usia 1 hari: Saat baru lahir, bayi hanya butuh 5-7 ml atau satu sendok makan ASI dalam satu kali minum. Hal ini dikarenakan lambung bayi hanya berukuran sebesar biji kemiri.



 

Usia 3 hari: Kebutuhan ASI untuk bayi usia 3 hari mulai bertambah menjadi 22-27 ml ASI sekali minum atau setara dengan satu gelas air dalam satu hari. Ukuran lambungnya pun bertambah menjadi seukuran buah anggur sedang.

 

Usia 1 minggu: Memasuki usia seminggu, bayi bisa minum ASI sebanyak 45-60 ml dalam satu kali menyusu. Jika ditotal, ia bisa menghabiskan hingga 400-600 ml ASI atau sekitar satu setengah hingga dua setengah gelas air sehari. Hal ini disebabkan bayi mengalami lonjakan pertumbuhan yang pertama.

 

Usia 1 bulan: Saat bayi berusia 1 bulan, ia bisa minum sebanyak 80-150 ml dalam sekali menyusu. Sesi menyusu pun menjadi bertambah antara 8 hingga 12 kali sehari. Bisa juga dihitung berdasarkan waktu, yaitu setiap 1,5 jam sampai 3 jam setiap sesinya. Bayi juga sudah dapat menyusu dengan baik sehingga membuatnya dan sang ibu lebih nyaman. Di usia ini ibu bekerja sudah mulai bisa berlatih untuk memerah ASI.

 



Usia 6 bulan: Bayi di usia 6 bulan sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI. Namun, teksturnya harus yang lembut seperti pisang yang dihaluskan. MPASI sendiri diberikan setelah bayi menyusu. Kebutuhan ASI buat Si Kecil pun bertambah menjadi 720-840 ml per hari.

 

Usia 7-9 bulan: Dalam usia menuju 12 bulan, kebutuhan ASI bayi terus meningkat. Pemberian ASI pun dilakukan 4-6 kali sehari dengan takaran ASI sebanyak 900-960 ml.

 

Usia 10-12 bulan: Saat memasuki usia 1 tahun, kebutuhan ASI bayi justru menurun menjadi sekitar 550 ml per hari. Hal ini disebabkan bayi yang sudah bisa mengonsumsi makanan padat seperti yang dimakan anggota keluarga lainnya. Semakin bervariasi bahan makanan yang Anda berikan, maka kebutuhan gizinya akan semakin terpenuhi.

 

Usia 12-24 bulan: Semakin besar, bayi tidak lagi membutuhkan ASI terlalu banyak. Paling tidak hanya sekitar 100-150 ml dalam satu hari. Penyebabnya tentu karena makanan yang diberikan sudah berbentuk lebih padat dibandingkan satu tahun sebelumnya. Pemberiannya pun bisa dilakukan antara 3-5 kali sesi menyusu.(Vonia Lucky/DON/SW/Dok. Freepik)

 

 


OTHER ARTICLES

Cegah Alergi dengan Jaga Kebersihan Udara di Rumah

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Balita Bersikap Bossy? Ini yang Moms Harus Lakukan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga