Mother&Baby Indonesia
Tubuh Ideal Setelah Bersalin

Tubuh Ideal Setelah Bersalin

Untuk mendapatkan tubuh yang kembali ideal pasca persalinan, Selain berolahraga dan melakukan latihan fisik secara rutin dan teratur, yang juga penting adalah menerapkan pola makan sehat, terutama ketika Anda menyusui. Ini yang perlu Anda lakukan, Moms!

 

Jaga asupan kalori



Pada dasarnya wanita memerlukan minimal 1.200 kalori per hari untuk tetap sehat, tergantung berat badan dan aktivitas yang dilakukan. Sementara itu, ibu menyusui memerlukan minimal 1.800 kalori per hari agar bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi. Kebanyakan ibu menyusui malah menghabiskan sekitar 2.000-2.700 kalori per hari.

Pastikan seluruh kebutuhan kalori Anda tercukupi dengan baik setiap hari, sebab kalau tidak, hal itu dapat membuat produksi ASI Anda berkurang. Untuk proses diet, Anda boleh mengurangi asupan sekitar 500 kalori per hari. Jumlah itu cukup aman untuk tidak memengaruhi produksi ASI. Diet dapat dilakukan dengan mengurangi porsi makan atau meningkatkan aktivitas sehari-hari. Jika dilakukan secara konsisten, berat badan Anda bisa berkurang sekitar 0,5 sampai 1 kg per minggu. Tips untuk Anda yang kerepotan jika harus menghitung kalori setiap makan, coba dengarkan sinyal tubuh Anda. Ketika merasa lapar, makanlah secukupnya.

 

Selektif memilih makanan dan minuman

Diet dengan menjaga asupan makanan boleh dilakukan, tetapi sebaiknya tidak berlebihan dan harus dilaksanakan dengan cermat. Contohnya, kalau biasanya ibu mengonsumsi makanan yang digoreng, segera ganti dengan makanan yang direbus. Hal itu akan mengurangi konsumsi lemak jenuh yang memang tidak boleh terlalu banyak masuk ke dalam tubuh. Kurangi pula konsumsi makanan manis. Dengan menjaga pola makan yang baik dan mengurangi makanan yang tidak perlu, berat badan pun akan turun dengan cepat.

Anda juga perlu memilih makanan yang mengandung 'lemak baik' di antaranya minyak kanola, minyak zaitun, avokad, biji-bijian, dan lemak ikan salmon. Jika Anda ingin membeli makanan di supermarket, perhatikan komposisi gizinya dan baca label dalam kemasan dengan baik.



Anda juga membutuhkan protein untuk membangun sel-sel yang rusak di tubuh Anda pasca persalinan. Protein yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah sekitar 60-70 gr, yang dapat diperoleh dari putih telur, ayam, ikan, daging, tahu, tempe, dan susu.

 

Variasi makanan

Santap hidangan dengan kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Anda juga akan mendapatkan ekstra energi dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang dapat menghasilkan pati dan gula, seperti gandum, buah segar, dan sayuran. Memilih makanan bervariasi sangat penting, karena Anda dan bayi akan mendapatkan nutrisi yang diperlukan. Nah, untuk hari ini, cobalah mengonsumsi makanan yang tidak Anda santap kemarin.

 

Makan teratur

Melewatkan waktu makan hanya membuat energi Anda habis, namun tidak akan menurunkan berat badan. Karena itu, berusahalah untuk tetap makan dengan jadwal yang teratur. Anda juga boleh mengubah aturan makan menjadi 5-6 kali dalam porsi kecil, termasuk mengonsumsi camilan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Jangan pernah berpikir untuk menunda atau melewatkan waktu makan Anda untuk menurunkan berat badan. Itu tidak akan terjadi, sebab Anda justru akan makan dengan porsi lebih banyak di waktu makan selanjutnya. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: tubuh ideal setelah bersalin










Cover April 2020