Mother&Baby Indonesia
Tips Sukses Bekerja di Rumah

Tips Sukses Bekerja di Rumah

Seorang ibu, full time mother, saat ini sedang merintis usaha online shopping. Ia berusaha disiplin bekerja dari rumah, tapi tampaknya hal itu sulit dilakukannya. Ia ingin sukses dalam usaha, menjadi istri dan ibu yang baik bagi suami dan anak-anaknya, serta tetap memiliki kehidupan sosial. Namun setelah menjalaninya, ia merasa tidak mungkin bisa mewujudkan semua itu. Apakah memang benar satu-satunya cara untuk meraih sukses pekerjaan adalah dengan mengorbankan keluarga dan kehidupan sosial?

 

Hal ini banyak dialami oleh Moms yang bekerja di rumah. Masalahnya, saat berada di rumah, perhatian senantiasa terbelah dan tidak bisa fokus, antara berusaha menyelesaikan pekerjaan dan tetap menangani anak. Sebenarnya sangat mungkin untuk tetap bisa sukses dalam pekerjaan dan rumah tangga. Memang kalau baru merintis usaha, rasanya banyak hal yang harus dikerjakan dan dipelajari sendiri. Oleh karena itu, wajar bila kita merasa sibuk, tidak bisa diganggu, dan kehabisan waktu. Namun, yang harus ditetapkan terlebih dahulu adalah kriteria sukses itu sendiri. Apa arti sukses menurut kita sendiri? Lalu, apa arti keluarga yang sukses?



 

Tentu saja kriterianya tidak bisa ideal. Tetap saja harus ada pengorbanan walaupun sedikit, dan biasanya yang dikorbankan adalah waktu pribadi. Namun jangan merasa patah semangat. Mulailah untuk menetapkan target usaha kita dan jalankan secara realistis. Seiring dengan waktu, latihlah anak untuk menjadi lebih mandiri.

 

Kemandirian anak akan sangat memudahkan Anda untuk berkarya kelak, karena mereka tidak tergantung dengan Anda. Juga amat penting bagi perkembangan kepribadian dan kehidupan mereka. Sementara Anda bekerja, biarkan anak bermain sendiri. Pertama, biarkan Si Kecil di dekat Anda, tetapi Anda tidak perlu melibatkan diri dalam aktivitas mereka.

 

Aturlah waktu Anda dengan baik dan lakukan secara disiplin. Saat bekerja, ya bekerja. Saat mengasuh anak, ya mengasuh anak. Demikian juga dengan saat me time. Anda juga bisa minta bantuan suami, sebab kerja sama yang baik akan memudahkan kesuksesan dan berdampak baik bagi anak. Mereka akan melihat hubungan yang sehat, harmonis, dan saling mendukung dari kedua orangtuanya.

 



Lakukan juga tips ini agar Anda sukses bekerja di rumah:

 

1. Buat rencana. Buatlah rencana kegiatan harian Anda dan berusahalah untuk mematuhinya. Membuat perencanaan detail akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, fokus, dan sesuai target.

2. Bagi waktu. Meski di rumah, disiplinkan waktu bekerja Anda. Beri pengertian kepada semua anggota keluarga bahwa ada saat tertentu yang Anda butuhkan untuk bekerja. Lebih baik, pastikan waktu secara khusus.

3. Tetapkan deadline. Setiap pekerjaan membutuhkan deadline untuk memastikan bahwa pekerjaan Anda berhasil. Jika terlewat, lakukan evaluasi dan perbaiki.

4. Rencanakan pengasuhan anak. Pikirkan untuk meminta bantuan orang lain untuk mengasuh Si Kecil saat Anda bekerja.

5. Tetapkan prioritas. Kadang Anda dihadapkan pada begitu banyak hal yang harus diselesaikan dan waktu yang terbatas. Mana yang Anda dahulukan? Tetapkan target dan prioritas. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: karier ibu,   sukses bekerja di rumah










Cover Mei-Juni-Juli 2020