Mother&Baby Indonesia
Mau Belanja Tapi Tidak Boros? Ini 4 Triknya

Mau Belanja Tapi Tidak Boros? Ini 4 Triknya

Setiap ibu suka berbelanja, baik untuk kebutuhan anak, keluarga, dan diri sendiri. Jika tidak ‘direm’, hal ini bisa mengganggu keuangan bulanan Moms, nih. Supaya belanja tetap lancar tapi tidak boros, lakukan 4 trik ini yuk, Moms.

 

1. Buat daftar belanja



Pemborosan seringkali terjadi pada saat Moms belanja bulanan. Supaya tidak terjadi pengeluaran yang impulsif, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat daftar belanja. Daftar belanja ini akan membantu Moms dan Dads berbelanja sesuai kebutuhan.

 

2. Punya anggaran bulanan

Anggaran bulanan atau budget harus dibuat dalam pos-pos keuangan tersendiri. Alokasinya harus dipisah antara belanja rutin dengan belanja yang sifatnya keinginan. Membuat anggaran yang dibedakan akan mempermudah Anda dalam penggunaannya. Moms dan Dads bisa menggunakan bantuan aplikasi di smartphone untuk mengatur hal ini.

 



3. Lakukan pemisahan dana

Setelah menyusun anggaran, Moms dan Dads disarankan untuk melakukan pemisahan dana sesuai alokasi pos keuangan. Pemisahan dana bisa dilakukan dengan menggunakan konsep amplop, pemisahan rekening tabungan dengan ATM, atau penggunaan uang elektronik yang terpisah.

 

4. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Moms dan Dads sangat perlu membedakan kebutuhan dan keinginan saat berbelanja. Kebutuhan adalah berbagai barang dan jasa yang manfaatnya diperlukan untuk keberlangsungan hidup sehari-hari. Sementara keinginan, biasanya mencakup benda dan jasa konsumtif, yang nilainya akan turun setelah dibeli. Hidup tetap bisa berjalan dengan baik tanpa membeli keinginan, tetapi akan lebih menyenangkan jika memilikinya. Jadi, boleh saja membeli keinginan asalkan tidak berlebihan. (Vonia Lucky/DON/SW/Dok. Freepik)



Tags: keuangan keluarga,   trik belanja








Cover Januari - Februari 2020