Mother&Baby Indonesia
Sudah Keras Bekerja, Tapi Sulit Kaya?

Sudah Keras Bekerja, Tapi Sulit Kaya?

Sudah bekerja keras, tapi pundi-pundi uang Anda tak juga berubah secara signifikan? Mungkin ada baiknya Anda mengubah kebiasaan-kebiasaan di bawah ini:

 

1. Semua barang yang Anda beli adalah barang baru.



Barang baru memang baik, tapi tak semua barang Anda harus barang baru. Harga barang bekas biasanya bisa turun sebesar 50-70 persen. Dan jika Anda teliti, Anda bisa mendapatkan barang terbaik dengan harga terbaik pula. Tak perlu juga harus menuruti tren yang ada dan ikut-ikutan membeli barang baru hanya karena semua orang pada saat itu memilikinya. Anda bisa menunggu beberapa saat, untuk kemudian membeli barang tersebut saat ada diskon atau promo menarik.

 

2. Terlambat membayar tagihan bulanan.



Usahakan untuk mematuhi deadline tagihan bulanan Anda. Kadang denda tagihan memang tidak terlalu banyak, tapi coba jumlahkan dalam satu tahun pembayaran. Berapa banyak uang yang hilang untuk berinvestasi hanya karena keengganan Anda membayar tagihan tepat atau sebelum waktunya.

 

3. Anda terlambat mempersiapkan masa pensiun Anda.

Memang mudah biasanya berfokus pada masa saat ini, dan biasanya itu yang selalu kita lakukan. Tapi jangan terlambat juga untuk mempersiapkan masa depan Anda. Semakin cepat Anda memulai, semakin mudah Anda mempersiapkan kebutuhan masa depan Anda dan keluarga. Sebaliknya, semakin lama Anda memulai, akan semakin sulit bagi Anda memenuhi kebutuhan masa depan Anda dan keluarga. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keuangan keluarga,   atur keuangan keluarga










Cover Mei-Juni-Juli 2020