Mother&Baby Indonesia
Lakukan Ini Saat Rumah Jadi Tempat Bukber

Lakukan Ini Saat Rumah Jadi Tempat Bukber

Bulan puasa selalu menjadi ajang untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Mungkin jika Moms melihat jadwal kegiatan Anda selama bulan Ramadan, ajakan buka puasa bersama pasti memenuhi agenda. Selain di restoran atau mal, tak jarang pula acara buka puasa diadakan di rumah. Dan bukan tidak mungkin teman-teman atau keluarga memilih rumah Anda untuk dijadikan sebagai tempat buka puasa bersama. Nah, supaya acara buka puasa berjalan nyaman di rumah Anda untuk tamu maupun anak, Moms sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini.

 

Atur ruangan



Akan lebih baik jika Anda menyediakan ruangan yang lapang sehingga anak-anak bisa berkeliling untuk mengambil makanan tanpa menabrak meja atau kursi. Anda bisa minta suami untuk meminggirkan perabotan seperti kursi dan meja yang tidak diperlukan agar ruangan menjadi lebih lega. Siapkan satu kamar untuk menyimpan perabotan rumah yang tidak diperlukan selama berbuka untuk sementara.

 

Siapkan makanan kecil

Pastinya akan ada banyak teman-teman Anda yang orangtua juga dan membawa anak-anak mereka. Karena itu, sediakan menu makanan yang child-friendly dan sesuai dengan porsi anak. Atur juga supaya tampilan makanan terlihat menarik, misalnya tambahkan potongan buah di atas puding.

 

Sediakan ruangan untuk anak

Gunakan salah satu kamar sebagai ruangan untuk menyusui dan istirahat anak. Supaya nyaman, ganti seprai ranjang dan tambahkan pengharum ruangan.

 



Kurangi makanan manis

Makanan manis memang paling susah ditolak, terutama bagi yang berpuasa. Untuk mencegah anak (dan orangtuanya) ketagihan, Anda hanya perlu siapkan satu jenis makanan manis, misalnya dessert. Hal ini untuk mencegah kadar gula melonjak tajam yang malah membuat Anda lemas setelah mengonsumsi banyak makanan manis, Moms.

 

Jaga kebersihan kamar mandi

Selain berbuka bersama, Anda tentunya juga perlu menyiapkan ruangan untuk salat berjemaah. Gunakan kamar mandi utama hanya untuk buang air kecil, sementara untuk wudu lakukan di kamar mandi lainnya. Tujuannya agar kamar mandi tetap bersih dan tak licin saat digunakan anak.

 

Tentukan durasi buka puasa bersama

Meski waktunya lebih bebas, hindari membiarkan waktu buka puasa molor hingga tengah malam agar anak tak kelelahan dan bisa istirahat. Durasi buka puasa bersama yang ideal adalah 3 jam, dimulai dari satu jam sebelum berbuka, dan dua jam setelah berbuka. Setelah itu, Anda masih punya cukup waktu untuk beres-beres rumah dan beristirahat. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: puasa,   ramadan,   buka puasa bersama








Cover Januari - Februari 2020