Mother&Baby Indonesia
Aturan Penting Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Aturan Penting Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Saat berpuasa, kita memang tidak minum selama sekitar 12 jam namun tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Hal ini bisa berisiko pada terjadinya dehidrasi dalam tubuh kita. Meskipun dehidrasi yang kita alami termasuk dalam dehidrasi ringan, hal tersebut tetap bisa berpengaruh pada tubuh. Kita akan menjadi lemas, bahkan bisa pusing, misalnya.

 

Karena itu, penting agar kita bisa mengatur asupan minum selama puasa untuk menghindari risiko terjadinya dehidrasi pada tubuh kita, Moms. Jangan sampai saat berpuasa kita terserang dehidrasi. Berikut adalah hal-hal yang bisa membantu kita mengatasi dehidrasi saat berpuasa.



 

1. Atur minum yang tepat. Cara tepat agar kebutuhan air Anda tercukupi adalah dengan tetap mengonsumsi 8 gelas air setiap hari. Atur waktunya minum air pada bulan Ramadan ini menjadi 2 gelas sewaktu sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

2. Kurangi tidur menjelang buka puasa. Tidur memang cara paling mudah untuk menghabiskan waktu puasa. Tapi tidur yang terlalu lama akan membuat tubuh semakin lemas. Lebih baik isi waktu dengan kegiatan seru, seperti menyiapkan menu untuk berbuka puasa.



3. Batasi minum kafein. Kafein bisa menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembapan. Jika Anda ingin menikmati minuman hangat, pilih teh hijau atau teh chamomile.

4. Puasa bukan berarti Anda tidak melakukan olahraga. Hanya saja, sesuaikan jam dan porsi olahraga. Pilih olahraga low impact dan hindari jenis olahraga kompetitif, agar tenaga tidak terkuras dan kehilangan banyak cairan tubuh. Waktu yang ideal untuk melakukan olahraga adalah 1-2 jam menjelang buka puasa. Selain begitu selesai dapat langsung minum, kemungkinan kehabisan gula dalam darah bisa segera tergantikan saat berbuka. Dengan demikian risiko dehidrasi dan pingsan karena anjloknya gula darah kemungkinannya kecil terjadi.

5. Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air. Saat sahur atau berbuka, makan buah-buahan segar yang banyak mengandung air, seperti melon, semangka, jeruk, dan sebagainya. Selain rasanya segar, juga akan mencukupi kebutuhan air di tubuh. Dengan begitu Anda akan terhindar dari dehidrasi.

6. Hindari mengonsumsi banyak makanan asin saat sahur. Makanan jenis ini bisa menyebabkan kita haus karena garam berpengaruh terhadap pengaturan cairan di dalam tubuh kita. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: puasa,   dehidrasi,   hindari dehidrasi saat puasa








Cover Maret 2020