Mother&Baby Indonesia
Ini Manfaat Mendengarkan Musik

Ini Manfaat Mendengarkan Musik

Musik memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti memicu pelepasan hormon dopamin yang dapat menciptakan rasa tenang, nyaman, dan mampu meningkatkan semangat serta kreativitas. Penelitian di University of Kentucky, AS, juga menunjukkan bahwa musik dapat mengurangi tingkat kecemasan seseorang. Pemilihan jenis musik yang tepat bisa membantu mengatasi berbagai kondisi buruk yang 'menyerang' Anda, Moms, seperti berikut ini.

 

1. Saat frustrasi



Pekerjaan kantor yang tak kunjung usai, tubuh yang kelelahan, dan Si Kecil yang terus meminta perhatian, mungkin akan membuat Anda frustrasi. Cobalah menenangkan diri sejenak sambil mendengarkan musik berirama lembut, seperti musik klasik, new age, atau instrumental.

 

2. Merasa malas

Kemalasan adalah musuh terbesar Anda saat bekerja. Singkirkan perasaan itu dan bangkitkan gairah dengan mendengarkan lagu-lagu enerjik bergenre hip-hop dan R&B.

 

3. Jika stres melanda



Saat Anda merasa stres, semangat untuk bekerja akan menurun dan Anda pun menjadi sulit berkonsentrasi. Untuk mengembalikan semangat dan mood Anda, dengarkanlah lagu reggae atau funk. Iramanya pasti akan membuat Anda jauh lebih baik dan stres pun hilang.

 

4. Cemas atau khawatir

Anda mungkin sering merasa cemas saat harus melakukan presentasi di depan atasan atau klien. Atasi perasaan tersebut dengan mendengarkan lagu-lagu berirama country yang memiliki melodi sederhana namun sarat dengan lirik penuh makna.

 

5. Terpuruk atau depresi

Ada kalanya Anda merasa terpuruk atau depresi karena mengalami kesulitan saat harus melakukan suatu pekerjaan atau tidak bisa menyelesaikan tugas tepat pada waktunya. Tenangkan perasaan Anda dengan mendengarkan lagu berirama pop yang memiliki ritme kuat. (Dina Christin/DMO/SW/Dok. Freepik)



Tags: musik,   mendengarkan musik,   manfaat musik










Cover Mei-Juni-Juli 2020