Mother&Baby Indonesia
Tips Buka Puasa di Jalan

Tips Buka Puasa di Jalan

Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa bulan Ramadan, tempat yang paling disukai untuk berbuka puasa pastinya adalah di rumah sendiri. Namun bagaimana jika Anda terpaksa berbuka di jalan karena kebetulan masih di jalan? Simak tips berikut ini.

 

- Umumnya, hampir semua rumah makan menyediakan berbagai makanan pembuka pada bulan puasa. Meskipun begitu, tetap perhatikan jumlah dan jenis makanan pembuka yang akan Anda konsumsi. Biasanya kita akan merasa 'lapar mata' saat melihat berbagai aneka jenis dan warna makanan yang dihidangkan, sehingga kita kerap memesan banyak makanan untuk kita makan. Beli makanan secukupnya saja, sekadar untuk membatalkan puasa dan mengisi perut Anda hingga tiba di rumah.



- Bila Anda membeli makanan siap saji, berhati-hatilah. Jangan berlebihan dan pilih yang rendah lemak saja.

- Hindari mengonsumsi gorengan, makanan yang mengandung banyak margarin, dan santan kental.

- Kalaupun Anda ingin makanan pembuka bersantan, minta agar santan dipisahkan. Jadi, Anda bisa mengencerkan santan yang terlalu kental dengan mudah.

- Jangan lupa untuk membeli air putih untuk Anda konsumsi. Hindari terlalu banyak minum minuman yang manis-manis. Air putih sangat efektif untuk mengembalikan tubuh yang terdehidrasi setelah seharian berpuasa.



 

Sementara, yang jadi kendala adalah jika Anda dalam perjalanan dan terjebak di tengah kemacetan yang berkepanjangan. Bila kemungkinan itu ada, cobalah mengantisipasinya dengan cara:

 

- Bawalah makanan pembuka dari rumah atau belilah sebelum berbuka. Misalnya, teh manis, air putih, jus, atau susu dalam kemasan.

- Siapkan makanan ringan yang praktis, seperti krakers yang tinggi serat, biskuit, dan kurma. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)



Tags: puasa,   buka puasa di jalan








Cover Januari - Februari 2020